logo


Soal Kasus Djoko Tjandra, Ombudsman: Kami Lakukan Pemeriksaan

Ahmad Alamsyah Saragih, salah satu anggota Ombudsman RI menyebut bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap kasus Djoko Tjandra

10 September 2020 21:29 WIB

Ahmad Alamsyah Saragih, salah satu anggota Ombudsman RI
Ahmad Alamsyah Saragih, salah satu anggota Ombudsman RI istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ahmad Alamsyah Saragih, salah satu anggota Ombudsman RI menyatakan bahwa pihaknya ikut melakukan pemeriksaan terkait adanya dugaan maladministrasi penyelenggaraan pelayanan publik dalam kasus Djoko Tjandra.

"Terkait dengan Djoko Tjandra, kami lakukan pemeriksaan. Akan tetapi, memang di Ombudsman tidak semua di-publish karena nanti kami jadi seperti lembaga yang terlalu aktraktif, itu juga kurang baik," kata Alamsyah dalam sebuah diskusi publik yang digelar secara online di Jakarta, pada Kamis (10/9).

Meski demikian, Alamsyah sejauh ini masih enggan memberikan informasi yang lebih mendetail mengenai pemeriksaan yang dilakukan oleh Ombudsman tersebut.


Juarai Trofeo Bhayangkara 2017, Arema : Pertandingan Sesuai Dengan Harapan

Ia hanya menyebut bahwa pemeriksaan tersebut dilakukan untuk perbaikan sistemik terhadap sejumlah pelayanan publik yang diduga melakukan maladministrasi dalam kasus Djoko Tjandra.

Dia berharap perbaikan tersebut membuat kasus serupa yang dialami oleh Djoko Tjandra tidak kembali terulang di masa mendatang.

"Kami menemukan beberapa hal secara sistemik yang sangat potensial menimbulkan malaadministrasi ke depan kalau tidak diperbaiki," kata Alamsyah.

"Nanti akan disampaikan kepada kejaksaan, kepolisian, imigrasi, dan pihak-pihak terkait lainnya. Pada saat itu akan disampaikan ke publik apa-apa saja yang harus diperbaiki agar kasus Djoko Tjandra tidak terulang kembali," lanjutnya.

Yuk, Ikutan Kuis Silver Queen Share Your Love!

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia