logo


Cara Gampang Lunasi Utang dengan Metode Snowball

Punya utang bejibun? yuk segera lunasi dengan metode snowball

9 September 2020 20:14 WIB

Ilustrasi pembuatan list hutang.
Ilustrasi pembuatan list hutang. Shutterstock

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tak perlu risau, dengan cara ini, Anda pelan-pelan bisa melunasi utang yang telah menumpuk. Cara tersebut adalah metode snowball, tips bayar utang yang telah dipopulerkan oleh Dave Ramsey, seorang pakar keuangan.

Kenapa disebut snowball? Karena metode yang digunakan adalah mencicil utang dari yang lebih kecil terlebih dahulu seperti bola salju.

Cara ini diklaim mampu meringankan beban psikologis dari pemilik utang karena bebannya bisa berkurang secara perlahan-lahan.


Ingin Keuanganmu Stabil? Hindari Kebiasaan Ini!

Berikut ini empat cara yang harus diambil ketika melunasi utang dengan metode snowball, seperti dikabarkan Detik.com.

1. Buatlah daftar utang beserta tujuan utang saat itu. Kemudian, urutkan dari yang jumlah sisa utang paling rendah ke yang paling tinggi.

2. Agar bisa lunas, Anda bisa menyicil dengan skema cicilan minimum setiap bulannya. Namun, jika ingin cepat lunas, Anda bisa membayar esktra cicilan pada utang yang paling sedikit.

Contohnya, ketika mempunyai tagihan pada kartu kredit Rp500.000, Anda bisa membayarnya Rp700.000. Dengan begitu, tanpa terasa utang Anda cepat lunas.

3. Jika sudah sukses membayar utang yang paling sedikit, Anda bisa menggunakan uang ekstra di poin kedua tadi untuk membayar utang selanjutnya.

4. Ulangi langkah tersebut hingga utang Anda lunas.

Perhatikan Bunga Cicilan

Dengan menggunakan metode snowball, secara perlahan-lahan utang Anda lunas dan hati menjadi tenang.

Tetapi, perlu diketahui kekurangan dari metode ini adalah bisa menimbulkan bunga yang lebih besar dari biasanya. Hal ini mengingat Anda membayarnya dengan cara perlahan-lahan tanpa melihat bunga.

Tips Kelola Uang THR Agar Tidak Habis

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati