logo


TikTok Berusaha Hapus Video Bunuh Diri, Facebook: Kami Sudah Hapus Video Aslinya

Tiktok berupaya untuk menghapus sebuah video bunuh diri yang belakangan ini viral di sejumlah platform medsos

8 September 2020 22:51 WIB

TikTok
TikTok istimewa

LONDON, JITUNEWS.COM - Aplikasi berbagi video TikTok dikabarkan tengah berupaya untuk menghapus sejumlah video yang menunjukkan seseorang sedang melakukan upaya bunuh diri. Video yang telah beredar luas di aplikasi tersebut selama beberapa hari terakhir ini, merupakan sebuah video yang berasal dari Facebook. Video tersebut juga telah dibagikan ke sejumlah media sosial lainnya seperti instagram dan Twitter.

TikTok mengatakan bahwa mereka akan memblokir akun-akun yang mengunggah video klip tersebut.

"Sistem kami telah secara otomatis mendeteksi dan menandai video klip tersebut karena telah melanggar kebijakan kami terkait konten-konten yang menunjukkan dan mendukung upaya bunuh diri," kata seorang perwakilan TikTok dikutip dari BBC News pada Selasa (8/9).


Tokoh Oposisi Belarus Ditangkap di Perbatasan Ukraina

"Kami sangat menghargai anggota komunitas pengguna yang telah melaporkan konten tersebut dan memperingatkan pengguna lain untuk tidak melihat atau membagikan video semacam itu di platform media sosial apapun," tambahnya.

Sementara itu, Facebook mengatakan kepada BBC News: "Kami sudah hapus video aslinya dari Facebook pada bulan lalu, di hari yang sama saat video tersebut disiarkan, dan menggunakan teknologi otomatisasi untuk menghapus sejumlah salinan video sejak saat itu."

Pada Selasa (8/9), Brenda, salah satu warga yang tinggal di dekat Edinburgh mengatakan bahwa anak gadisnya yang berusia 14 tahun berlari menuruni tangga dengan menangis dan mengatakan bahwa dirinya merasa mual. Brenda menjelaskan bahwa anaknya telah melihat video tersebut dari aplikasi TikTok.

"Ia sedang melihat-lihat sejumlah video lagu-lagu dan video lucu, sebelum seorang pria berjenggot dan berkaos putih muncul dari belakang meja," kata Brenda.

Ia mengatakan bahwa tak lama kemudian pria di dalam video tersebut bunuh diri.

"Anak saya saat ini masih dalam kondisi syok, dan itu akan terus membayanginya selama berbulan-bulan," tambahnya.

Dua Orang Ini Dijatuhi Hukuman Penjara Lebih dari 1000 Tahun oleh Pengadilan Turki

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia