logo


Firli ke Calon Kepala Daerah: Jangan Berpikir KPK Akan Kesulitan untuk Memantau Pergerakan

Firli mengatakan bahwa KPK membangun sistem untuk memantau Pilkada 2020

8 September 2020 10:00 WIB

kompas.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua KPK, Firli Bahuri meminta para calon petahana di Pilkada 2020 untuk berhati-hati. Firli mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan pemantauan.

"Saya kembali ingatkan terutama kepada calon kepala daerah petahana atau dari unsur aparatur pemerintah untuk tidak menggunakan instrumen apalagi anggaran negara, dalam kontestasi pilkada serentak 2020," kata Firli dalam keterangannya, Selasa (8/9).

"Jangan pernah berpikir KPK akan kesulitan untuk memantau pergerakan khususnya potensi tindak pidana korupsi dalam perhelatan pilkada serentak di 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota," tambahnya.


Pendaftaran Cakada Langgar Protokol Covid-19, Azis Syamsudin: Harus Diberi Sanksi Tegas

Firli mengatakan bahwa KPK membangun sistem untuk memantau Pilkada 2020. Selain itu, ada 'mata rakyat' yang siap membantu KPK.

"Mereka tidak takut, berani lantang berteriak, meneriakkan kebenaran di antara bisikan kejahatan korupsi," ucap Firli.

"Antusias dan peran aktif 'mata rakyat' ini, dapat dilihat dari tingginya angka laporan dugaan tindak pidana korupsi dalam kanal Pengaduan Masyarakat KPK, sehingga dapat kita cegah bila belum terjadi dan pasti kita tindak jika (korupsi) telah dilakukan," jelas Firli.

Firli mengimbau kepada para calon kepala daerah dan tim suksesnya untuk mengendepankan sportivitas.

"Sekali lagi, saya imbau kepada seluruh calon kepala daerah termasuk tim sukses dan partai politik pengusung, untuk mengedepankan sportivitas anti-korupsi dalam memenangkan Pilkada serentak 2020," ucap Firli.

Jazilul Fawaid Ingatkan Paslon Berkompetisi dengan Jujur di Pilkada 2020

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata