logo


Geser Brazil, India Kini jadi Negara dengan Jumlah Kasus Covid-19 Tertinggi Kedua Dunia

India menjadi negara ketiga di dunia yang memiliki jumlah kasus Covid-19 lebih dari 4 juta kasus

7 September 2020 19:16 WIB

India saat menghadapi wabah virus Corona Covid-19
India saat menghadapi wabah virus Corona Covid-19 kompas.com

NEW DELHI, JITUNEWS.COM - India telah melaporkan lebih dari 90 kasus Covid-19 tambahan yang terjadi dalam kurun waktu 24 jam terakhir, sehingga mereka kini memiliki 4,204613 kasus dengan 71,642 kematian dan menjadi negara dengan kasus Covid-19 tertinggi kedua di dunia, menggeser posisi Brazil.

Peningkatan kasus Covid-19 terjadi usai pemerintah terus melonggarkan aturan pembatasan sosial untuk meningkatkan perekonomian mereka. Jutaan warga India diketahui telah kehilangan pekerjaan saat virus pertama kali melanda negara tersebut pada bulan Maret lalu.

Pada tujuh hari terakhir ini, jumlah kasus Covid-19 India terus mengalami peningkatan, dimana setiap harinya bertambah sebanyak 75 ribu kasus. Lebih dari 60 persen kasus aktif berasal dari sejumlah negara bagian seperti Andhra Pradesh, Tamil Nadu, Karnataka, Mahashtra, dan Uttar Pradesh.


Hampir Sebulan Berjalan, Aksi Protes Belarus Masih Belum Reda

New Delhi juga mulai mengalami peningkatan kasus Covid-19 dimana pada Minggu (6/9), otoritas kesehatan setempat melaporkan adanya kasus tambahan lebih dari 3,200.

Virus Sars-Cov-2 bahkan kini telah masuk ke wilayah suku terpencil India yang berada di kepulauan Andaman, dimana 10 anggota warga Andaman Besar dinyatakan positif Covid-19 selama bulan Agustus lalu.

Pemerintah India sendiri pada bulan Maret lalu telah memberlakukan aturan lockdown guna menekan laju penyebaran virus, namun kebijakan tersebut dilonggarkan pada bulan Juni lalu untuk meningkatkan aktifitas perekonomian, meskipun jumlah kasus terus meningkat.

Olimpiade Tokyo Tetap Digelar pada Juli 2021 meski Wabah Covid-19 Belum Berakhir

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia