logo


Trump Minta Arab Saudi Negosiasi dengan Negara Kawasan untuk Normalisasi Hubungan dengan Israel

Trump dan Raja Salman dikabarkan telah melakukan percakapan melalui telepon. Kabar tersebut dilaporkan oleh kantor berita Arab Press Agency pada Minggu (6/9)

7 September 2020 17:16 WIB

Donald Trump dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz
Donald Trump dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz istimewa

RIYADH, JITUNEWS.COM - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz dikabarkan telah melakukan komunikasi via telepon pada Minggu (6/9). Dalam percakapan telepon tersebut, Raja Salman menyatakan bahwa pihaknya bersedia untuk berupaya mencapai solusi permanen atas masalah Palestina secara damai. Hal tersebut dilaporkan oleh Saudi Press Agency (SPA) pada Minggu (6/9).

Dilansir dari Sputnik News pada Senin (7/9), Presiden Donald Trump mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik tindakan pemerintah Arab Saudi yang mengijinkan penggunaan wilayah udara mereka untuk penerbangan komersil antara Israel dan Uni Emirat Arab. Trump juga meminta Arab Saudi untuk melakukan negosiasi dengan sejumlah negara di kawasan Timur Tengah untuk melakukan normalisasi hubungan dengan Israel, sama seperti yang telah dilakukan oleh pemerintah Uni Emirat Arab.

Sebelumnya, Menlu Arab Saudi Faisal bin Furhan mengatakan bahwa pihaknya tetap berada di pihak Palestina dan mendukung adanya inisiasi Perdamaian negara-negara Arab. Ia juga menegaskan bahwa pihaknya sangat mendukung resolusi Dewan Keamanan PBB yang meminta dibentuknya sebuah negara Palestina yang merdeka dengan beribukota di Jerusalem Timur.


Dianggap Bikin Kisruh Pemilu Venezuela, AS Jatuhkan Sanksi kepada 4 Tokoh Politik Pro-Presiden Maduro

Pihak Uni Emirat Arab sendiri juga telah mengatakan bahwa meski mereka menjalin hubungan diplomatik dengan Israel, bukan berarti mereka menghentikan dukungannya terhadap Palestina. Uni Emirat Arab menegaskan bahwa normalisasi hubungan dengan Israel tersebut setidaknya dapat menunda eksekusi rencana perluasan wilayah pasukan zionis di wilayah Tepi Barat.

Petinggi Hamas dan Hizbullah Adakan Pertemuan Bahas Isu Normalisasi Hubungan Arab-Israel

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia