logo


Kritik Simulasi Pesepeda Masuk Tol, Ahli: Masalah Perilaku juga Penting!

Ahli transportasi minta regulasi ditambah apabila pesepeda boleh masuk tol

7 September 2020 07:30 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno menyoroti rencana Pemprov DKI Jakarta yang hendak melakukan simulasi pesepeda masuk tol Lingkar Dalam Kota. Menurutnya, aspek perilaku sangat penting ketika dilakukan proses simulasi ataupun uji coba.

"Inikan simulasi bukan uji coba. Biasanya, setelah simulasi ada uji coba. Kalau simulasi iu biasanya tidak memasukkan unsur perilaku manusia. Simulasi nantinya bisa dijadikan sebagai bahan masukan, namun masalah perilaku juga penting," kata Djoko seperti dilansir detikcom, Minggu (6/9/2020).

Ia pun mempertanyakan keselamatan pesepeda yang hendak masuk jalan tol. Ia tidak yakin pesepeda tidak akan berhenti selama memasuki jalan tol. Oleh karena itu yang terpenting adalah edukasi bersepeda dengan aman.


Soal Hukuman Tidur di Peti Mati, DPRD DKI: Pocong Lama Ikatnya, yang Gampang-gampang Saja

"Sekarang ini justru yang perlu dilakukan pada pesepeda adalah memberikan edukasi menggunakan sepeda yang aman, selamat, dan sehat. Saat ini angka kecelakaan pesepeda semakin meningkat, sejalan dengan makin meningkatnya jumlah warga yang menggunakan sepeda," ujarnya.

Lebih lanjut, Djoko meminta agar ditambah regulasi yang baru apabila rencana pesepeda masuk tol benar-benar direalisasikan. Ia pun mencontohkan regulasi baru diantaranya disediakan tempat beristirahat yang berada tidak di tepi jalan, pesepeda dilarang selfie hingga ketersedian fasilitas toilet.

Event Sepeda Santai Ternyata Bisa Dilakukan Tanpa Berkumpul, Begini Caranya...

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×