logo


Kemenlu China: Bagaimana Mungkin PUBG Mengancam India?

Beijing protes karena India memblokir 118 aplikasi mobile buatan China

4 September 2020 16:45 WIB

PUBG Mobile
PUBG Mobile istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Pemerintah India telah mem-banned 118 aplikasi mobile buatan China pada 2 September lalu, termasuk game PUBG Mobile. New Delhi mengatakan bahwa keputusan tersebut terpaksa mereka ambil lantaran aplikasi-aplikasi tersebut terlibat dalam kegiatan yang mengancam kedaulatan dan integritas teritorial India.

Keputusan tersebut membuat Beijing berang. Mereka menilai kebijakan tersebut tidak masuk akal dan mereka meminta India untuk "mengoreksi kesalahannya."

China membandingkan PUBG Mobile dengan Rabindranath Tagore, seorang penyair India yang sangat populer di China.


Mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi Masuk RS usai Dinyatakan Positif Covid-19

"Jika Tagore dan Yoga tidak mengancam China, bagaimana mungkin PUBG mengancam India?" kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, dikutip dari Sputnik News pada Jumat (4/9).

"Rabindranath Tagore memiliki banyak karya puisi yang populer di China. Yoga juga terus menjadi populer di China, termasuk saya, Saya juga sangat bangga dengan budaya India. Namun, kami tidak berpikir kebudayaan India atau puisi menginfiltrasi atau mengancam kebudayaan China," tambahnya.

Sementara itu, Gao Feng, juru bicara Kementerian Perdagangan China berharap India menjaga hubungan kerja sama bilateral dengan China.

Kementerian Teknologi Informasi dan Elektronik India menuding 118 aplikasi mobile buatan China tersebut telah mencuri dan membagikan data pribadi pengguna ke sejumlah server yang berlokasi di luar India.

Australia Perpanjang Masa Darurat Covid-19 Hingga Akhir Tahun

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia