logo


Australia Perpanjang Masa Darurat Covid-19 Hingga Akhir Tahun

Kebijakan tersebut membuat semua warga tidak dapat meninggalkan Australia

4 September 2020 16:15 WIB

Sydney Opera House
Sydney Opera House okezone

CANBERRA, JITUNEWS.COM - Status darurat di Australia telah diberlakukan sejak Maret lalu untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Status darurat kesehatan tersebut membuat masyarakat tidak dapat meninggalkan negara Australia.

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Kesehatan Greg Hunt mengumumkan bahwa status darurat tersebut akan diperpanjang setidaknya hingga 17 Desember 2020 mendatang.

"Perpanjangan periode darurat diberitahukan oleh penasihat medis khusus yang disediakan oleh Komite Perlindungan Kesehatan Australia (AHCCP)," demikian bunyi pernyataan tersebut, dikutip dari Sky News pada Jumat (4/9).


Presiden Palestina: Tidak Ada Satu pun yang Diijinkan untuk Berbicara Mewakili Kami

"AHCCP telah menyarankan bahwa situasi Covid-19 internasional dan domestik terus memberikan resiko yang tidak dapat diterima oleh kesehatan masyarakat. Perpanjangan masa darurat tersebut merupakan respon yang sangat sesuai untuk mencegah resiko itu," tambahnya.

Sebenarnya, Pemerintah Australia hanya dapat memperpanjang pemberlakuan status darurat maksimal selama tiga bulan, namun tampaknya mereka dapat memperpanjangnya sesuai dengan yang mereka perlukan.

Pemerintah Australia sendiri telah mendorong masyarakat untuk melakukan perjalanan liburan di dalam negeri yang diharapkan dapat memberikan tambahan pendapatan negara, namun penutupan wilayah antar negara bagian tentunya membuat situasi menjadi lebih sulit.

Australia sendiri saat ini tengah menghadapi peningkatan kembali kasus Covid-19 beberapa bulan belakangan ini, dimana negara bagian Victoria menjadi wilayah dengan penambahan kasus tertinggi.

Pada Kamis (3/9), otoritas kesehatan mengkonfirmasi 127 kasus Covid-19 tambahan sehingga mereka sejauh ini telah melaporkan lebih dari 26 ribu kasus, dengan 687 kematian.

Mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi Masuk RS usai Dinyatakan Positif Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia