logo


Ini Waktu yang Pas untuk Memberikan Anak HP

Jangan terlalu dini, ini waktu yang pas memberikan HP kepada anak

4 September 2020 15:16 WIB

Ilustrasi anak main gadget
Ilustrasi anak main gadget istemewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sebagai orang tua, memberikan handphone atau HP kepada anak harus sesuai dengan waktu yang tepat. Hal ini mengingat adanya berbagai dampak buruk yang bisa terjadi jika memberikan HP kepada anak terlalu dini.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk memberikan HP kepada anak?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat dan dikabarkan Okezone.com,  sebesar 40 persen anak akan mendapatkan HP ketika berusia 11-13 tahaun.


Menyenangkan dan Mudah Dipahami, Yuk Kenalkan Covid-19 pada Anak dengan Cara Ini

Namun, dalam penelitian yang melibatkan 1.000 warga Amerika Serikat ini, sepertiganya mengaku akan memberikan HP kepada anak ketika duduk di bangku SMA.

Sedangkan penelitian yang dilakukan Kementerian Sosial bersama Yayasan Kita dan Buah Hati serta Semai 2045 mengatakan rata-rata anak Indonesia pada usia 8-18 tahun sudah kecanduan HP atau anak yang duduk di bangku kelas empat atau lima SD.

Direktur Pusat Penelitian Psikologi Media, Pamela Rutledge mengungkap bukan usia yang menjadi paramater anak mulai diberikan HP, melainkan kegunaan ponsel itu sendiri bagi anak-anak.

Ia pun memberikan contoh anak yang sudah diperbolehkan memiliki HP sendiri, yaitu anak yang telah aktif berolahraga. "Jika anak aktif berolahraga, dan di sana banyak sekali logistik serta emergency. Maka itu dalah alasan yang dapat diterima," ungkapnya dilansir Detik.com.

Jika anak mendapatkan HP terlalu dini dikhawatikan bisa membuat kecanduan, lebih berpotensi terkena cyber bullying. Selain itu, bisa mendapat paparan konten negatif, kekerasan, hingga berpengaruh terhadap masalah kesehatan.

Lebih dari 400 Juta Anak di Seluruh Dunia Tak Dapat Akses Pembelajaran Jarak jauh

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati