logo


Konflik Perbatasan India-China Kembali Pecah, 118 Aplikasi Buatan China Di-banned India

Pemerintah India telah memblokir 118 aplikasi buatan China termasuk PUBG Mobile

3 September 2020 19:12 WIB

Aplikasi Android Toko Happy Aja di Playstore
Aplikasi Android Toko Happy Aja di Playstore

NEW DELHI, JITUNEWS.COM - Pemerintah India telah melarang penggunaan 118 aplikasi buatan China karena alasan keamanan nasional. Hal tersebut keluar usai kedua negara kembali terlibat konfrontasi di wilayah perbatasan Line of Actual Control yang berada di ketinggian pegunungan Himalaya, tepatnya di aera dataran tinggi Pangong Tso pada 29-30 Agustus lalu.

Sejumlah aplikasi game terkenal hasil pengembangan Tencent dan NetEase masuk dalam daftar aplikasi yang dilarang tersebut, termasuk juga sejumlah aplikasi buatan perusahaan teknologi China lainnya seperti Baidu dan salah satu afiliasi Alibaba, Ant Group.

Kementerian Teknologi Informasi dan Elektronik India mengatakan bahwa mereka "memutuskan untuk memblokir 118 aplikasi mobile karena aplikasi-aplikasi tersebut terlibat dalam kegiatan yang merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan negara dan aturan bermasyarakat."


Satu Tewas dan Ribuan Lainnya Dievakuasi saat Badai Maysak Hantam Korea Selatan

Dilansir dari CNBC pada Kamis (3/9), Ant Group, Baidu, Alibaba, Tencent dan NetEase sejauh ini belum berkomentar terkait hal tersebut.

Aplikasi Baidu, WeChat buatan Tencent dan Alipay buatan Ant Group, merupakan sejumlah aplikasi mobile yang dibanned oleh pemerintah India meskipun sejumlah aplikasi yang masuk ke dalam daftar tersebut sebelumnya tidak bisa digunakan di India. Alipay contohnya, aplikasi tersebut bahkan tidak tersedia di India.

Meski demikian, sejumlah game diketahui memiliki pengguna aktif dalam jumlah besar di India, seperti PUBG buatan Tencent.

Pemerintah China Tawarkan Program Vaksinasi kepada Industri Penerbangan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia