logo


Teknik Jitu Menanam Bunga Mawar di Pot dengan Teknik Stek

Pilihlah tangkai mawar yang sudah tua, lalu potong sepanjang 4-6 cm menggunakan alat potong

13 April 2015 13:17 WIB

Ilustrasi Bunga Mawar
Ilustrasi Bunga Mawar

JAKARTA,JITUNEWS.COM - Mawar banyak dipilih sebagai tanaman hias bukan hanya karena keindahannya tetapi juga memiliki jenis dan macam yang beragam. wangi khas yang di tebarkannya pun begitu menyegarkan. Mawar bisa ditanam di media pot atau halaman rumah. Tetapi jika anda ingin menanam bunga mawar tentu tidak boleh sembarangan, karena jika anda tidak mengetahui teknik dan cara menanam yang tepat, biasanya bunga mawar akan layu kemudian mati.

Media pot biasanya dipilih oleh beberapa orang karena beberapa alasan, salah satunya adalah kekurangan lahan atau tempat. untuk menanam bunga mawar di dalam pot, anda harus melakukan teknik stek. Untuk memulainya, anda wajib mempersiapkanĀ  bibit stek yang dibutuhkan dan memilih batang di bagian tengah dan jangan terlalu jauh dari pangkalnya.

Pemilihan tanahnya pun harus diperhatikan, contoh tanah yang bagus adalah tanah yang berwarna hitam dan gembur. pupuk kompos pun perlu dipersiapkan tetapi jangan terlalu banyak. untuk tanah maupun pupuk kompos disesuaikan dengan jenis bunga mawar yang akan di tanam


Mau Anggrek Dendrobium Anda Tumbuh Maksimal di Pot? Ketahui Dulu Hal berikut Ini

Pilihlah tangkai mawar yang sudah tua, lalu potong sepanjang 4-6 cm menggunakan alat potong yang tajam dan bersih. jika ingin menstek sebaiknya media tanama yang digunakan harus menggunakan tanah murni tanpa pupuk, sebab tanah yang mengandung pupuk akan menghambat pertumbuhan batang mawar yang di stek.

Sebelum menggunakan media pot, sebaiknya gunakan polybag yang berisi tanah, lalu tancaokan potongan tangkai mawar dibagian tengahnya, beri air dan jangan lupa bolongi plastik polybag dengan lidi. apabila akarnya sudah keluar, artinya sudah bisa dipindahkan kedalam pot.

Untuk menanam ke dalam pot, campurkan tanah, pupuk kompos dan sedikit pasir kemudian campurkan bahan dengan rata. tancapkan batang bibit stek mawar pada tanah yang sudah disiapkan. siram sedikit saja lalu simpan tanaman anda pada tempat yang sejuk atau jangan langsung terkena sinar matahari.

Apabila tunas tanaman mawar sudah berkembang baik, pindahkanlah tanaman mawar anda ke tempat yang terkena cahaya matahari langsung sebagai awal foto sintesis lalu siram tanaman mawar secara teratur agar tanaman mawar anda tumbuh dengan cantik.

Langkah Jitu Menanam Tanaman Hias Anggrek dalam Pot

Halaman: 
Penulis : Hartati, Hasballah