logo


Pendaki Wanita Ini Pecahkan Rekor Usai Taklukkan Tiga Gunung Tertinggi Kurang dari Satu Tahun

Viridiana Álvarez Chávez berhasil mencapai puncak gunung Everest, K2, dan Kangchenjunga kurang dari satu tahun

1 September 2020 19:30 WIB

Viridianan Alvarez Chavez
Viridianan Alvarez Chavez cnn

MEKSIKO CITY, JITUNEWS.COM - Viridiana Álvarez Chávez, seorang pendaki gunung perempuan asal Meksiko berhasil memecahkan rekor dunia Guinness World Record karena berhasil mendaki tiga gunung tertinggi di dunia dalam waktu 364 hari atau kurang dari satu tahun pada tahun 2019 lalu.

Chávez berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh pendaki asal Korea Selatan Go Mi-Sun yang berhasil mencapai puncak ketiga gunung tertinggi di dunia dalam waktu dua tahun dua hari pada tahun 2007 lalu. Sayangnya, Go Mi-Sun meninggal dunia saat tengah melakukan ekspedisi di Nanga Parbat, sebelah barat kawasan pegunungan Himalaya, dua tahun setelah menerima penghargaan, pada 2009.

Viridiana Álvarez Chávez, yang berasal dari Aguascalientes, Mexico, mengaku jatuh cinta dengan kegiatan ekstrem tersebut dan mengatakan bahwa ia sebenarnya tidak berniat untuk memecahkan rekor dunia.


Yuk Cek Referensi Wisata di Yogyakarta yang Cocok Dikunjungi Selesai Pandemi

"Ini semua mengenai ketakutan dan melawan rasa takut itu sendiri," kata Chávez, dikutip dari CNN.

"Pikiran adalah segalanya," katanya, seraya mengingat pengalamannya saat melakukan pendakian di K2, gunung tertinggi kedua di dunia.

Ia menceritakan bahwa ia melihat seorang pendaki lain jatuh saat mencoba untuk memanjat salah satu tebing di K2. Ia terpaku selama lebih dari 5 menit melihat pemandangan mengerikan tersebut. Namun ia terus menguatkan semangat dan melanjutkan untuk melangkah.

"Saya gila," ujarnya.

Chávez merupakan pendaki perempuan pertama asal Amerika Latin yang berhasil menaklukkan puncak K2, gunung dengan medan pendakian tersulit di dunia.

Ekspedisi K2, bersama dengan Gunung Everest dan Kangchenjunga, tentunya memerlukan persiapan fisik dan material yang matang, namun Chávez menyebut bahwa mental dan tingkat kecerdasan emosionalnya lah yang mampu membawanya mencapai tiga puncak tertinggi pegunungan Himalaya tersebut.

"Pegunungan adalah tempat dimana saya bisa memahami dan menantang diri saya sendiri," tambahnya.

Liburan Sebelum Lahiran Anak ke Lima, Zaskia Adya Mecca Ungkap Pantai Private

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia