logo


Bantu Taipei Lawan Ancaman Beijing, AS Tingkatkan Intensitas Dukungannya

AS mengatakan bahwa mereka telah menjalin hubungan bilateral baru dengan Taiwan guna menghadapi ancaman China

1 September 2020 18:30 WIB

Taiwan-China
Taiwan-China istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Amerika Serikat pada Senin (31/8) mengatakan bahwa mereka telah menjalin hubungan bilateral baru dengan Taiwan untuk sektor perekonomian. Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat hubungan kedua negara dan mendukung Taiwan dalam menghadapi peningkatan tekanan dari Beijing.

Pemerintah AS juga mengatakan bahwa mereka juga telah membuka kembali enam jaminan keamanan yang diberikan kepada Taiwan pada masa pemerintahan Presiden Ronald Reagan. Para analis menyebut hal tersebut bertujuan untuk menambah dukungan AS kepada Taipei.

Hal tersebut diumumkan oleh Asisten Sekretaris Negara AS untuk kawasan Asia Timur dan Pasifik, David Stilwell, ditengah memanasnya hubungan antara AS dan China serta meningkatnya tekanan China atas pemerintahan demokratik Taiwan.


Alasan Pemerintah China Tangkap Jurnalis Warga Negara Australia Masih Belum Jelas

Stilwell mengatakan bahwa AS meningkatkan intensitas dukungan mereka terhadap Taiwan karena adanya peningkatan ancaman yang dilakukan oleh Beijing kepada perdamaian dan stabilitas di kawasan.

"Kami akan terus membantu Taipei melawan kampanye Partai Komunis China yang menekan dan mengintimidasi Taiwan," katanya dikutip dari Al Jazeera pada Selasa (1/8).

"Dengan populasi penduduk 23 juta, Taiwan terus melakukan perlawanan diatas kemampuan ekonomi dan pemerintahannya, hanya untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik," tambahnya.

Trump Sebut Revolusi Akan Terjadi di AS Jika Joe Biden Menang Pilpres

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia