logo


Alasan Pemerintah China Tangkap Jurnalis Warga Negara Australia Masih Belum Jelas

Menteri Perdagangan Australia menyatakan tidak mengetahui apa motif pemerintah China dibalik penangkapan dan penahanan seorang jurnalis warga negara Asutralia

1 September 2020 17:15 WIB

Bendera China (kiri) dan Australia (kanan)
Bendera China (kiri) dan Australia (kanan) bbc

CANBERRA, JITUNEWS.COM - Menteri Perdagangan Australia, Simon Birmingham, mengatakan bahwa Canberra tidak mengetahui alasan pemerintah China melakukan penangkapan dan penahanan terhadap seorang jurnalis berkebangsaan Australia keturunan China, Cheng Lei.

Pemerintah Australia pada Senin (31/8) malam mengkonfirmasi bahwa Cheng, salah seorang jurnalis bisnis pada sebuah televisi China, telah ditahan sejak dua pekan lalu.

"Cheng Lei merupakan warga negara Australia, seorang jurnalis yang telah bekerja di China sejak beberapa waktu yang lalu," kata Birmingham kepada ABC Radio dikutip dari Reuters pada Selasa (1/9).


Hanya Wisatawan yang Pernah Terinfeksi Covid-19 yang Boleh Berkunjung ke Pulau Eksotis ini

"Saya sebenarnya sudah pernah bertemu dan melakukan wawancara dengannya," tambahnya.

"Saya juga merasa apa yang dirasakan oleh keluarganya saat ini, oleh karena itu kami akan melakukan semua yang kami bisa lakukan untuk membantunya," lanjutnya.

Untuk diketahui, Cheng Lei merupakan seorang pembawa acara di sebuah program bisnis pada salah satu media penyiaran terbesar di China, CCTV. Namun, semua video mengenai program yang ia bawakan yang juga diunggah di dalam situs media tersebut telah dihapus oleh pemerintah China.

Kepada Reuters, beberapa rekan kerja Cheng mengatakan bahwa mereka mengetahui bahwa video tersebut dihapus sekitar dua pekan lalu, saat Cheng Lei ditangkap, dan mereka juga menjadi khawatir karena sejak penangkapan tersebut, Cheng Lei tidak dapat dihubungi.

Hingga saat ini, pemerintah China belum merilis informasi seputar penahanan jurnalis tersebut dan Kementerian Luar Negeri China juga belum mengeluarkan pernyataan mengenai hal tersebut.

Dua Rumah Mewah Milik Jackie Chan Disita dan Dilelang Pemerintah China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia