logo


AS Berambisi Bentuk Aliansi seperti NATO di Kawasan Asia-Pasifik

Aliansi tersebut dibentuk untuk menghadapi potensi ancaman dan dominasi militer China

1 September 2020 14:15 WIB

Ilustrasi Sejumlah kapal perang di Laut China Selatan
Ilustrasi Sejumlah kapal perang di Laut China Selatan voa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Amerika Serikat saat ini tengah berupaya untuk memperkuat posisinya di kawasan Asia Pasifik dengan membentuk sebuah aliansi seperti NATO, dengan sejumlah negara seperti Jepang, India, dan Australia. Tujuannya adalah untuk mematahkan dominasi China di kawasan tersebut. Hal itu disampaikan oleh Stephen Biegun, Deputi Sekretaris Negara AS, pada Senin (31/8) saat melakukan tele-conference dengan mantan Dubes AS untuk India, Richard Verma.

Ia mengatakan bahwa Washington bermaksud membuat sebuah kelompok aliansi bersama empat negara tersebut dan sejumlah negara lain guna bekerja sama untuk "menghadapi adanya potensi ancaman dari Beijing."

"Kawasan Indo-Pasifik sebenarnya kekurangan struktur mulitilateral yang kuat. Mereka tidak memiliki sesuatu pertahanan seperti NATO atau Uni Eropa," kata Biegun dikutip dari South China Morning Post pada Selasa (1/9).


AS Sebut Aktifitas Militer Rusia Meningkat di Sekitar Alaska

"Ingat, NATO bermula dengan tujuan yang relatif sederhana dan beberapa negara anggota yang akhirnya memilih untuk menjadi anggota netral," tambahnya.

Meskipun demikian, ia memperingatkan bahwa ambisi AS untuk membentuk aliansi di Asia-Pasifik ini tidak akan berkurang. Ia juga mengatakan bahwa aliansi ini "akan terbentuk jika negara-negara lain juga berkomitmen seperti AS."

Meski Damai dengan Israel, Uni Emirat Arab Masih Dukung Kemerdekaan Palestina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia