logo


Gelapkan Dana Penanganan Covid-19, Gubernur Rio De Janeiro Dicopot

Gubernur Rio De Janeiro Dicopot dari jabatannya usai terbukti bersalah atas tindakan penggelapan dana penanganan Covid-19

31 Agustus 2020 17:14 WIB

Kota Rio de Janeiro, Brazil
Kota Rio de Janeiro, Brazil istimewa

RIO DE JANEIRO, JITUNEWS.COM - Mahkamah Agung Brazil memutuskan untuk mencopot Wilson Witzel dari jabatannya sebagi gubernur Rio de Janeiro usai kepolisian menemukan bukti adanya penyelewengan dana Covid-19.

Dalam operasi penggerebekannya, pihak kepolisian juga menargetkan dan menahan sejumlah figur yang berada di lingkaran dalam lainnya, termasuk istri dari gubernur sayap kanan tersebut, serta pastur Everaldo, seorang pemimpin partai Sosial Kristen Brazil (PSC).

Witzel sendiri sebelumnya sempat diskors selama 180 hari saat otoritas tengah melakukan proses penyelidikan usai muncul sebuah klaim yang menyebut bahwa Witzel telah menggelapkan dana untuk penanganan Covid-19 sebesar 274.2 juta real atau USD 50 juta.


Tujuh Orang Korban Ledakan Beirut Masih Belum Ditemukan Hingga Kini

Investigasi itu sendiri umumnya difokuskan atas adanya tuduhan yang menyebut pemerintahan Rio de Janeiro menggelapkan dana bantuan untuk sejumlah rumah sakit, pengadaan ventilaor dan suplai obat-obatan yang digunakan untuk menangani pasien Covid-19.

"Organisasi kriminal ini bertindak dan terus melakukan penggelapan dan pencucian uang di tengah pandemi Covid-19, mengorbankan kesehatan dan hidup jutaan orang," kata Hakim Benedito Golcalves dalam sebuah pernyataan tertulisnya.

Sementara itu, Witzel menyebut dirinya tidak bersalah dan akan melakukan apapun untuk membuktikannya.

"Saya terjebak secara politik karena adanya kepentingan yang lebih kuat yang tidak menginginkan saya memimpin negara bagian ini," ujarnya.

"Presiden telah membuat tuduhan yang sangat sembrono terhadap saya, karena ia berpikir saya akan maju sebagai kandidat presiden pada pemilu Brazil 2022," tambahnya.

Puluhan Lumba-lumba Ditemukan Tewas, Ribuan Massa Desak Pemerintah Mauritius Mundur

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia