logo


Serikat Universitas di Inggris Tolak Rencana Pembukaan Kembali Sekolah September Ini

Serikat kampus dan universitas di Inggris tak mau disalahkan jika nantinya kasus Covid-19 kembali meningkat usai pemerintah memutuskan untuk membuka kembali fasilitas pendidikan di negara tersebut

31 Agustus 2020 14:45 WIB

Ilustrasi Sekolah
Ilustrasi Sekolah istimewa

LONDON, JITUNEWS.COM - Serikat kampus dan universitas di Inggris (UCU) mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk membuka kembali sekolah dan menggelar kegiatan belajar mengajak secara tatap muka di dalam kelas. Mereka memperingatkan bahwa pihak sekolah dapat disalahkan jika kasus Covid-19 kembali mengalami peningkatan.

"Memindahkan lebih dari satu juta siswa di seluruh negeri merupakan sebuah resep bencana dan beresiko membuat universitas disalahkan jika terjadi gelombang kedua," kata UCU dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters pada Senin (31/8).

Sejumlah universitas mengatakan bahwa mereka sudah siap untuk kembali dibuka pada September mendatang usai melakukan persiapan selama beberapa minggu. Sementara sebagian siswa mengatakan bahwa mereka telah menghabiskan banyak uang untuk berjaga-jaga jika kegiatan belajar mereka dilakukan dari rumah.


Menlu China Klarifikasi soal Isu Muslim Uyghur dan UU Keamanan Nasional Hong Kong

"Ini waktunya bagi pemerintah untuk akhirnya mengambil sejumlah keputusan dan tanggung jawab dalam situasi krisis ini dan memberitahu universitas untuk menanggalkan rencana pembelajaran secara tatap muka," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson meminta sekolah-sekolah di Inggris untuk segera kembali dibuka mulai bulan September dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Hal tersebut sangat penting bagi kehidupan ekonomi, sosial dan moral di Inggris.

"Tetap menutup sekolah-sekolah kita dalam waktu yang lebih lama daripada yang diperlukan merupakan bentuk intoleransi, secara ekonomu tidak berkelanjutan dan tidak bisa dibenarkan secara moral," tulis Johnson, dikutip dari Reuters pada Senin (10/8).

Diam-diam, Israel Jalin Komunikasi Rahasia dengan Banyak Negara Arab dan Pemimpin Muslim

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia