logo


Ketua DPD RI Apresiasi Pemprov Riau Lakukan Program Ketahanan Pangan

Dia meminta Gubernur Riau untuk berkomunikasi secara intensif dengan empat Senator asal Riau yang ada di DPD RI

31 Agustus 2020 10:34 WIB

 Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Tagline Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, ‘Dari Daerah Untuk Indonesia’ untuk pertama kalinya disampaikan hadapan publik oleh Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.

LaNyalla menyampaikan hal itu pada saat acara ramah tamah dengan Gubernur Riau Syamsuar dan Wakilnya Edi Nasution beserta Forkompinda Riau di Gedung Daerah Riau di Pekanbaru, Minggu malam (30/8/2020).

LaNyalla mengatakan agar para Senator di DPD RI semakin menjiwai tugas dan fungsinya sebagai wakil daerah, maka DPD RI secara resmi akan melaunching tagline itu pada peringatan kelahiran DPD RI ke-16 pada 1 Oktober mendatang.


Nono Sampono Ingatkan Potensi Bisnis Syariah di Indonesia

“Jadi akan menjadi mindset kami semua, bahwa kami para Senator wajib memperjuangkan kepentingan daerah dengan tujuan akhir, Daerah Maju, Indonesia Maju dan Daerah Makmur, Indonesia Makmur,” tuturnya.

Senator asal Jawa Timur itu juga meminta Gubernur Riau untuk berkomunikasi secara intensif dengan empat Senator asal Riau yang juga hadir dalam pertemuan itu. Masing-masing Instiawati Ayus, Edwin Pratama Putra, Dr Misharti dan Muhammad Gazali Lc.

“Mereka ini harus menjadi ujung tombak untuk Riau. Karena itu saya minta pak Gubernur untuk aktif berkoordinasi dengan mereka. Insya Allah persoalan-persoalan yang dihadapi Riau dapat kita urai satu per satu,” ungkapnya.

Sebab, tambahnya, sudah menjadi tekad DPD RI di periode ini, untuk berusaha secara cepat dan tanggap membawa persoalan di daerah ke pusat, untuk mendapat perhatian dan penyelesaian dari eksekutif.

“Terutama hari ini, dimana Riau dan semua provinsi di Indonesia merasakan pelambatan ekonomi dan penurunan pertumbuhan ekonomi akibat dampak langsung dan tidak langsung dari pandemi Covid-19,” ujarnya.

Namun di tengah badai Covid-19, mantan ketua umum Kadin Jawa Timur itu memuji roadmap yang ditempuh Pemprov Riau dengan menyiapkan lahan puluhan ribu hektare untuk program ketahanan pangan dan cadangan strategis pangan yang didukung Kementan dan Kemenhan.

Selain juga inventarisasi lahan-lahan eks perusahaan (HPH dan HGU) untuk pengembangan tanaman padi dan jagung.

“Dan saya juga berterima kasih, teman-teman pengusaha di Kadin Provinsi Riau yang telah merintis, mengembangkan dan memperkuat industri hilir komoditas kelapa di Tembilahan, dengan output minyak kelapa dan turunannya. Ini juga sudah benar. Karena terus terang sektor yang masih bisa tumbuh saat ini adalah pertanian, kehutanan dan perikanan,” pungkasnya.

AA LaNyalla Angkat Bicara Soal Rencana Naturalisasi PSSI

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar