logo


Mahasiswa Wajib Baca! Ini Tips Kuliah Online Biar Tetap Semangat Belajar

Agar tak malas mengikuti kuliah online, simak tips di bawah ini.

31 Agustus 2020 05:00 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi the10thcircle.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Biar tetap semangat belajar, berikut tips untuk mahasiswa yang menjalani kuliah secara online.

Kuliah online yang diterapkan oleh sejumlah peguruan tinggi di Tanah Air, membuat mahasiswa harus lebih rajin meski banyak kendala yang ditemukan.

Berikut tips dan trik bagi mahasiswa yang menjalani kuliah online agar tetap semangat dalam belajar, seperti yang dikabarkan Detik.com, Minggu (28/6/2020).


Mau Anak Sukses? Simak Tips Dari Ustaz Abdul Somad

1. Jangan Lupa Presensi Kehadiran

Mahasiswa yang mengikuti kuliah online juga diwajibkan melakukan presensi kehadiran dengan cara aktif di pembelajaran.

Hal ini dimaksudkan agar tetap menjaga semangat mahasiswa di masa pandemi Covid-19 ini.

"Kalau menurut aku, yang penting hadir, ngumpulin tugas, UTS dan ikut UAS. Beberapa dosen mengeluhkan mahasiswa itu kalau kuliah online videonya dimatikan. Jadi mereka pasang doang, enggak tahu sambil tidur atau apa enggak ketahuan. Untungnya kan kalau gitu buat mahasiswa. Itu yang kelihatan itu page pertama yang isinya 16 orang doang di depan. Beda kalau Zoom, 100 orang bisa lihat dan slide. Kalau pakai Google Meet itu enggak bisa," ujar dosen FISIB Universitas Pakuan Bogor, Dini Valdiani.

2. Cepat Beradaptasi

Dini meminta mahasiswa untuk cepat beradaptasi dengan adanya kuliah secara online ini.

"Dan nanti kalau pun sudah beres pandemi ini eranya juga akan berubah. Kayaknya mungkin nanti eranya setengah-setengah gitu ada online-nya juga. Sekarang yang bisa kita lakukan beradaptasilah dengan perubahan," tambah dia.

3. Jangan Pantang Menyerah

Karena tak saling bertemu maupun tatap muka, Dini juga mengharapkan mahasiswa untuk tak pantang menyerah dalam menjalani perkuliahan. Ia mengatakan hal ini tidak hanya dialami oleh mahasiswa saja, tetapi juga dirinya sebagai dosen.

"Dosen juga ngerasa susah. Kita semua lagi dicoba. Jalanin, harus bersyukur karena masih ada bantuan teknologi. Kalau menurut aku bertahan aja, semuanya lagi susah. Bagaimana caranya pokoknya kegiatan belajar mengajar tetap berjalan," lanjutnya.

4. Jangan Menunda Tugas dari Dosen

Sementara itu, dosen FTIK Universitas Indrapasta (Unindra) Jakarta, Gita Kencanawaty meminta mahasiswa untuk tidak menunda mengerjakan tugas yang telah diberikan dari dosen.

Dengan begitu, dosen juga bisa mempertimbangkan dari berbagai aspek dalam memberikan nilai.

"Tipsnya saat dikasih tugas langsung dikerjain jangan ditunda. Yang bikin numpuk itu karena menunda tugas. Penilaian kan pasti dari segala aspek, yang pertama kehadiran pasti. Nilainya bagus, hadirnya jarang kan curiga dosen? Pasti itu nyontek. Jadi pertama absensi, kedua kumpulin tugas dan ketiga kalau kamu enggak ngerti itu nanya," kata Gita.

5. Bangun Suasana yang Menyenangkan

Tips kelima dalam mengikuti kuliah online adalah membangun suasana yang menyenangkan selama pembelajaran berlangsung. Salah satunya adalah mahasiswa bisa berdandan seperti biasanya ketika berangkat ke kampus.

"Saat kuliah daring, semuanya harus dinyalakan ya videonya dan dandan yang rapi. Soalnya saya sendiri pun pakai baju yang rapi. Jadi, kita sama-sama saling menghargai," tukas Dini.

Tidak Pergi ke Sekolah Lebih Berbahaya Bagi Anak-anak daripada Virus Covid-19

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati