logo


Jika AS Berani Bermain Kotor, China Sudah Siapkan Tindakan Balasan

Seorang profesor di Universitas Tsinghua mengatakan bahwa China bisa saja memblokir akses pasokan medis AS jika mereka terus menekan perusahaan-perusahaan China

29 Agustus 2020 13:30 WIB

berita internasional

BEIJING, JITUNEWS.COM - China bisa saja memblokir akses Amerika Serikat untuk mendapatkan pasokan medis sebagai aksi balasan atas perlakuan AS terhadap sejumlah perusahaan asal China, termasuk Huawei.

"Untuk vitamin dan antibiotik, lebih dari 90 persen dari material mentah mereka diproduksi di China," kata Li Daokui, salah seorang profesor di Universitas Tsinghua dikutip dari South China Morning Post.

"Amerika Serikat tidak akan mampu memproduksinya dalam jangka waktu dekat," tambahnya.


Soal Pasukan Gabungan Rusia-Belarus, Lukashenko: Kami Telah Mencapai Kesepakatan

Li mengatakan bahwa regulasi baru yang diberlakukan oleh pemerintahan Donald Trump bertujuan untuk membuat perusahaan-perusahaan China dalam kondisi sulit, khususnya Huawei yang selama ini mengandalkan TSMC sebagai pemasok chipset mereka, dimana teknologi yang digunakan merupakan teknologi AS.

AS sendiri mengklaim bahwa Huawei merupakan alat bagi pihak militer China dalam melakukan aksi spionase yang mengancam keamanan nasionalnya.

"Mengganggu ekonomi China sama saja memulai perkelahian dengan rakyat China terhadap isu pangan. China bisa saja memulai pertarungan dengan AS pada suplai obat-obatan, bukan?" tambahnya.

Pernyataan Li tersebut muncul usai Presiden Xi Jinping berharap pemerintah negara bagian dan pemerintah daerah AS dapat menguatkan hubungan eknomi mereka dengan China, terlepas adanya sejumlah konflik yang terjadi di skala nasional.

"Tentu saja, kita tidak akan memulainya, namun jika AS berani 'bermain kotor', kita punya tindakan balasannya," tandasnya.

Shinzo Abe Menyesal Mundur Sebelum Tanda Tangani Kesepakatan Damai dengan Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia