logo


Menlu Inggris Kecam Tindakan Sepihak Polisi Belarus atas Penangkapan 50 Jurnalis

Dominic Raab mengecam tindakan polisi Belarus yang menangkap dan menahan 50 wartawan yang tengah melakukan peliputan aksi protes di Minsk pada Kamis (27/8).

29 Agustus 2020 10:45 WIB

Aksi protes di Minsk yang menolak hasil pilpres Belarus
Aksi protes di Minsk yang menolak hasil pilpres Belarus istimewa

LONDON, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab pada Jumat (28/8) mengecam upaya penahanan 50 jurnalis yang berasal dari sejumlah media internasional oleh pihak kepolisian Belarus pada Kamis (27/8).

"Ini merupakan upaya untuk mengintervensi terhadap tujuan dan pelaporan yang jujur," kata Raab dalam akun Twitternya, dikutip dari Reuters pada Sabtu (29/8).

"Pemerintah Belarus harus menghentikan (upaya) menargetkan para jurnalis dan mempertahankan kebebasan media (#defenmediafreedom)," tambahnya.


Kanselir Jerman Sebut Pandemi Akan Terus Memburuk

Menurut Radio Free Europe, sejumlah jurnalis mereka juga berada diantara 50 wartawan yang ditangkap saat meliput aksi protes yang terjadi di Minsk pada Kamis (27/8).

"Otoritas telah mengancam media dengan tindakan sepihak. Tidak hanya menolak untuk menghargai jurnalis, mereka juga menggunakan sejumlah dalih untuk melakukan penahanan para jurnalis untuk mencegahnya melakukan liputan mengenai apa yang mereka lihat," kata Daisy Sindelar, Presiden Radio Free Europe.

"Kami juga mendapatkan peringatan bahwa otoritas telah mengancam akan menjatuhkan hukuman secara sepihak bagi jurnalis yang tidak mematuhi perintah polisi untuk menyerahkan foto-foto dan informasi lainnya. Ini merupakan sebuah aksi balasan yang sangat mencolok yang melanggar norma dan hukum," tambahnya.

Seperti diketahui, masyarakat Belarus turun ke jalan dan melakukan aksi protes besar-besaran untuk menolak hasil pemilihan umum 9 Agustus yang memenangkan Alexander Lukashenko. Hasil pemilu tersebut diyakini penuh dengan kecurangan.

Seorang Pria Belanda Tewas Diserang Beruang Kutub

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia