logo


Indonesia di Ambang Resesi, Mahfud MD: Jangan Terlalu Kaget...

Menurut Mahfud MD, resesi bukanlah krisis ekonomi.

27 Agustus 2020 20:45 WIB

Mahfud MD
Mahfud MD voi.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menko Polhukam membenarkan posisi Indonesia saat ini berada di ambang resesi.  Namun, ia meminta masyarakat untuk tidak terkejut dengan hal tersebut.

Menurut Mahfud MD, resesi berbeda dengan krisis ekonomi. Resesi terjadi karena pertumbuhan ekonomi suatu negara minus dan berada di bawah nol selama dua kuartal berturut-turut.

"Saudara objektif saja, dan tidak bisa disembunyikan. Kita ini sedang di ambang resesi. Ini yang menyebabkan kita harus bekerja keras di dalam dua cabang atau dua anak panah kebijakan pemerintah. Tapi jangan terlalu kaget, 'wah kita ini akan resesi'," ujar Mahfud MD dilansir Detik.com, Kamis (27/8/2020).


Mahfud Md Jamin Berkas Perkara di Kejagung Aman, Amien Rais Tak Yakin: Dia Khas Omongan Seperti Itu

"Resesi itu adalah istilah teknis dari satu situasi. Resesi itu tidak sama dengan krisis. Tapi, resesi itu seperti saya katakan tadi, bukan krisis. Beda antara resesi dan krisis. Resesi itu perhitungan matematis tentang pertumbuhan ekonomi per kuartal di dalam sebuah negara. Kalau dua kuartal berturut-turut minus, atau di bawah nol, resesi," tambah dia.

Dalam kesempatan itu, Mahfud MD juga menyinggung negara lain yang telah mengalami resesi terlebih dahulu, yaitu Singapura dan Korea Selatan.

Kebakaran Gedung Kejaksaan, Amien Rais Duga Pelakunya 'Orang Dalam' Atas Perintah Mafia Cukong Taipan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati