logo


Minta Kasus Jaksa Pinangki Diserahkan ke KPK, PAN: Tidak Mungkin Main Sendiri

Sudding mengatakan hal itu untuk menghindari konflik kepentingan.

27 Agustus 2020 14:45 WIB

Pinangki
Pinangki Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi Kejaksaan (Komjak) menyarankan supaya kasus Jaksa Pinangki Sirna Malasari diserahkan ke KPK. Sedangkan KPK menunggu inisiatif Kejaksaan Agung untuk menyerahkannya.

Anggota Komisi III Fraksi PAN, Sarifuddin Sudding meminta Kejaksaan Agung (Kejagung) menyerahkan kasus Jaksa Pinangki ke KPK. Sudding mengatakan hal itu untuk menghindari konflik kepentingan.

"Untuk menghindari conflict of interest sebaiknya kasus Pinangki diserahkan ke KPK," ujar Sarifuddin Sudding kepada wartawan, Kamis (27/8).


Kebakaran Gedung Kejaksaan, Amien Rais Duga Pelakunya 'Orang Dalam' Atas Perintah Mafia Cukong Taipan

Sudding menilai dalam kasus ini Pinangki tidak mungkin bermain sendiri. Menurutnya, kasus Djoko Tjandra yang melibatkan Pinangki ini adalah kasus yang cukup besar.

"Karena kasus sebesar Pinangki ini diyakini tidak mungkin main sendiri sebagai bawahan paling tidak atas sepengetahuan atasannya atau pihak-pihak lain," ujarnya.

Menurutnya, dengan menyerahkan kasus Pinangki ke KPK maka Kejagung bisa mendapatkan kepercayaan publik.

"Hal ini juga bisa menumbuhkan public trust pada institusi kejaksaan bahwa ada upaya untuk membuka kasus ini secara terang benderang dan semua pihak yang terlibat dalam kasus tersebut dapat dimintai pertanggungjawaban hukum," ucap Sudding.

Soal Kasus Jaksa Pinangki Diserahkan ke KPK, Gerindra: Nggak Perlu Terburu-buru

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata