logo


Konsumsi BBM Kembali Tumbuh, Pertamina Tingkatkan Layanan dengan Bright Store

Peningkatan layanan dilakukan untuk menunjang gaya hidup masa kini

27 Agustus 2020 12:10 WIB

Peresmian Konsep Baru Bright Store dilakukan di SPBU COCO 31.40101 di Jalan Ir Djuanda, Dago, Kota Bandung, dilakukan oleh Pjs Sales Area Manager Retail Bandung, Aris Irmi, hari ini, Kamis (27/8)
Peresmian Konsep Baru Bright Store dilakukan di SPBU COCO 31.40101 di Jalan Ir Djuanda, Dago, Kota Bandung, dilakukan oleh Pjs Sales Area Manager Retail Bandung, Aris Irmi, hari ini, Kamis (27/8) Pertamina

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Sebagai upaya peningkatan pelayanan SPBU, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III menghadirkan inovasi baru Bright Store, yakni pusat layanan (one stop service) yang menyediakan beragam produk untuk kehandalan kendaraan, juga kebutuhan masyarakat. Peningkatan layanan dilakukan untuk menunjang gaya hidup masa kini, sejalan dengan tumbuhnya konsumsi BBM pada masa transisi tatanan baru.

Peresmian Konsep Baru Bright Store dilakukan di SPBU COCO 31.40101 di Jalan Ir Djuanda, Dago, Kota Bandung, dilakukan oleh Pjs Sales Area Manager Retail Bandung, Aris Irmi, hari ini, Kamis (27/8). Kegiatan ini turut dihadiri oleh Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) DPC Bandung dan perwakilan masyarakat, dalam protokol Covid-19.

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan mengungkapkan, konsep baru Bright Store ini berawal dari ekspektasi pelanggan yang menghendaki tempat singgah yang modern dan nyaman, memiliki fasilitas jaringan internet gratis (free wifi) untuk mendukung mobilitas konsumen, serta menyediakan produk berkualitas dan makanan dan minuman cepat saji.


22 Pertashop Diresmikan, Masyarakat yang Jauh dari SPBU Tak Perlu Pusing Lagi

“Konsep baru Bright Store ini menghadirkan pengalaman baru, sesuai dengan gaya hidup masyarakat saat ini yang tidak hanya datang ke outlet untuk berbelanja. Masyarakat bisa datang ke SPBU untuk mengisi BBM, sekaligus bercengkrama dengan kerabat bahkan bekerja dengan nyaman di Bright Store,” jelasnya.

Bright Store mengintegrasikan program-program promosi serta menyediakan layanan pembayaran non tunai untuk mendukung transaksi yang lebih aman di masa pandemi dengan program promo yang tersedia seperti promo top up dan transaksi e-money Bank Mandiri, TapCash BNI, promo dengan kartu debit/kredit, promo tukar poin MyPertamina, serta cashback saldo LinkAja.

“Era teknologi saat ini mendorong Pertamina untuk terus mengembangkan bisnis. Bagi kami, ini menciptakan bisnis yang positif untuk pengembangan industri Non Fuel Retail (NFR),” tambah Eko.

Tumbuhnya Konsumsi BBM

Konsep baru Bright Store ini, Eko mengakui, juga sejalan dengan konsumsi BBM masyarakat yang kembali bertumbuh. Pada masa transisi tatanan baru paska pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pada pertengahan Agustus tercatat konsumsi BBM jenis Gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) di wilayah Sales Area Retail Bandung, telah mencapai 4.524 kilo liter (KL) per hari, atau 95% dari konsumsi normal sebelum PSBB, yakni periode Januari – Februari 2020 yang saat itu mencapai 4.768 KL rata-rata per hari.

Sementara itu, konsumsi BBM jenis Gasoil (Biosolar, Dexlite dan Pertamina Dex) di wilayah tersebut telah mencapai 86% dari konsumsi harian rata-rata pada kondisi normal periode Januari-Februari sekitar 1.400 KL.

Wilayah Sales Area Retail Bandung melingkupi wilayah Bandung Raya (Kota/Kab Bandung dan Bandung Barat, Cimahi) serta Priangan Timur (Sumedang, Ciamis, Garut, Tasikmalaya, Banjar dan Pangandaran).

Dari pertumbuhan tersebut, sebagian besar konsumsi BBM jenis Gasoline telah melebihi 10% di atas kondisi normal konsumsi bulan Januari-Februari, seperti di Kab Pangandaran, Kab Ciamis, Kab Garut, Kab Bandung dan Kab Bandung Barat. Sedangkan, konsumsi BBM jenis Gasoil di Kota Bandung dan Kab Bandung serta Bandung Barat masih berada di bawah kondisi normal.

“Dalam kondisi pandemi saat ini, kami mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan lingkungan. Salah satunya, dengan menggunakan bahan bakar berkualitas yang memiliki kandungan oktan tinggi, sehingga memiliki kandungan zat buang lebih sedikit dan lebih bersih untuk lingkungan,” jelas Eko.

Pertamina telah menyiapkan sejumlah protokol pencegahan Covid-19 di SPBU, baik untuk konsumen kendaraan roda dua dan roda empat. Konsumen yang datang ke SPBU maupun Bright Store diharapkan mematuhi protokol COVID-19 dengan menggunakan masker, mencuci tangan di fasilitas yang telah disediakan setelah melakukan transaksi.

Untuk informasi produk dan layanan, masyarakat dapat menghubungi Call Center Pertamina 135.

Masa Transisi Tatanan Baru, Konsumsi BBM Masyarakat Mendekati Kondisi Normal

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata