logo


Lagi, China Usik Teritorial Vietnam di Laut China Selatan

Vietnam menuding China telah melanggar kedaulatan mereka usai menggelar latihan militer di dekat Kepulauan Paracel

26 Agustus 2020 17:15 WIB

Kapal Perang China
Kapal Perang China istimewa

HANOI, JITUNEWS.COM - Vietnam pada Rabu (26/8) menuduh China telah mengusik kedaulatan mereka dengan menggelar latihan militer di Laut China Selatan.

China, diketahui telah menggelar enam hari latihan militer pada pekan ini di perairan dekat dengan Kepulauan Paracel, yang merupakan teritori milik Vietnam. Ini merupakan kali kedua Beijing menggelar latihan militer dalam dua bulan terakhir di kawasan perairan yang menjadi sengketa tersebut.

"latihan militer yang kembali dilakukan oleh China di (Kepulauan Paracel) melanggar kedaulatan Vietnam, membuat negosiasi antara ASEAN dengan China di Laut China Selatan menjadi lebih rumit," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam Le Thi Thu Hang dalam sebuah pernyataan tertulis, dikutip dari Reuters pada Rabu (26/8).


Seorang Diplomat Uni Eropa Kedapatan Langgar Aturan Karantina di Irlandia

Pernyataan tersebut sejauh ini belum mendapat tanggapan dari pihak Beijing.

China mengklaim 80 persen perairan laut China Selatan merupakan wilayah yuridiksinya, yang mereka sebut sebagai 9-dash line yang meliputi teritorial milik sejumlah negara Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Brunei.

Kim Jong Un Peringatkan Korut untuk Bersiap Hadapi Cuaca Ekstrem dan Wabah Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia