logo


Dr Fauci Peringatkan Vaksin Covid-19 Harus Terbukti Aman dan Efektif Sebelum Diedarkan

Hal tersebut ia sampaikan menyusul adanya kemungkinan bahwa pendistribusian vaksin Covid-19 dilakukan untuk kepentingan politik

25 Agustus 2020 10:30 WIB

Dr. Anthony Fauci
Dr. Anthony Fauci istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Salah satu pakar penyakit menular AS Dr Anthony Fauci mengatakan bahwa segala upaya untuk meresmikan dan mendistribusikan sebuah vaksin virus Corona sebelum terbukti aman dan efektif untuk digunakan dalam tahap uji coba skala besar dapat merusak upaya mengembangkan vaksin lainnya.

Sebelumnya, dua narasumber Gdeung Putih yang anonim telah memunculkan adanya kemungkinan pendistribusian vaksin dalam waktu dekat ini, sebelum tahap uji coba lanjut diselesaikan. Sementara itu, Michael Caputo, asisten sekretaris Kemenkes AS, membantah adanya upaya untuk mempercepat perkembangan vaksin untuk kepentingan politik.

"Satu hal yang tidak ingin kamu lihat adalah sebuah vaksin mendapatkan EUA (ijin penggunaan darurat) sebelum menunjukkan adanya sinyal efektifitas," ujar direktur Institut penyakit menular dan alergi AS tersebut dikutip dari Reuters pada Selasa (25/8).


Dua Ledakan Bom di Filipina Tewaskan 9 Orang, Lima Diantaranya Anggota Pasukan Militer

Beberapa vaksin saat ini diketahui tengah diuji cobakan di Amerika Serikat dan sejumlah perusahaan farmasi berupaya meningkatkan kapasitas produksi mereka saat uji coba tengah berjalan, sehingga jika sebuah vaksin terbukti aman dan efektif untuk digunakan, maka akan dapat segera didistribusikan secara massal.

"Kita berharap tidak ada satu pun yang mengintervensi dengan membawa demo yang menunjukkan bahwa sebuah vaksin tersebut efektif dan aman digunakan," tukasnya.

Pria Hong Kong Ini Terinfeksi Covid-19 Lagi Usai 142 Hari Sembuh dari Infeksi Pertama

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia