logo


AS Bakal Lakukan Semua Cara Agar Rusia dan China Tak Jual Senjata kepada Iran

Mike Pompeo mengatakan bahwa mereka akan melakukan semua yang mereka dapat lakukan untuk mencegah Rusia dan China melakukan penjualan senjata dengan Iran

21 Agustus 2020 22:21 WIB

Sekretaris Negara AS Mike Pompeo
Sekretaris Negara AS Mike Pompeo istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Sekretaris Negara AS, Mike Pompeo menegaskan bahwa Washington akan menggunakan semua cara untuk mencegah China dan Rusia melakukan jual beli senjata dengan Iran, usai sanksi embargo senjata Iran akan segera berakhir pada tahun 2020 ini.

Hal itu ia sampaikan dalam sebuah wawancara dengan Fox News sepeti dilansir dari Sputnik News pada Jumat (21/8).

Dalam sesi tersebut, Pompeo juga mengungkapkan kekecewaannya usai Dewan Keamanan PBB menolak permintaan AS yang menginginkan embargo senjata tersebut diperpanjang. Oleh karena itu, ia berencana untuk melakukan sebuah mekanisme 'snapback' yang akan menjatuhkan sanksi bagi negara atau pihak manapun yang melakukan jual-beli senjata dengan Iran.


Ancam India Tak Provokasi Perang, Pakistan Tak Segan Luncurkan Rudal Nuklir Mereka

"Dunia akan menjadi tempat yang lebih aman. Pihak Iran tidak akan memiliki kesempatan untuk memiliki pertahanan udara buatan Rusia, tank-tank dari China, dimana semua itu memiliki resiko dan membuat kawasan Timur Tengah menjadi tidak stabil. Negara-negara di Teluk Arab sangat gembira mengenai rencana ini," kata Pompeo.

Mekanisme Snapback merupakan sebuah bagian dalam kesepakatan nuklir Iran, yang juga dikenal dengan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), yang ditandatangani pada tahun 2015 lalu oleh sejumlah negara anggota Uni Eropa, Amerika Serikat, Rusia, dan China.

Sementara itu, rencana AS tersebut telah mendapat dukungan dari Israel, dimana Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa hal tersebut merupakan keputusan yang sangat tepat.

"Saya memuji Amerika Serikat untuk keputusan tersebut....Itu merupakan keputusan yang tepat," kata Netanyahu.

Lebih dari 100 Juta Orang Tewas Seketika Jika Pakistan-India Terlibat Perang Nuklir

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia