logo


Tak Punya Kekuatan di Parlemen, PA 212, Amien Rais, KAMI Bisa Jadi Oposisi Sejati Apabila...

PA 212, Amies Rais, KAMI hanya bisa mempengaruhi opini publik

20 Agustus 2020 14:34 WIB

Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio
Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio harianindo

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pendiri lembaga survei KedaiKOPi Hendri Satrio mengatakan bahwa kelompok PA212, Amien Rais, dan KAMI bisa menjadi oposisi sejati apabila mereka membentuk partai politik. Menurutnya, kelompok tersebut saat ini hanya sebagai oposisi yang mempengaruhi publik, namun tidak bisa mempengaruhi kebijakan. Pasalnya, kelompok tersebut tidak memiliki kekuatan di parlemen.

"Mereka ini oposisi yang bisa mempengaruhi opini publik saja. Tapi secara kebijakan nggak bisa. Tapi kalau mau disebut klaster oposisi, ya, boleh-boleh saja, tapi, terbatas mereka. Mereka nggak punya kekuatan untuk melobi-lobi atau mengadvokasi kebijakan untuk mengubah," kata Hendri Satrio kepada wartawan, Kamis (20/8/2020).

Ia mengatakan bahwa PA 212, Amien Rais, dan KAMI memiliki kekutan mempengarahi opini publik. Namun menurutnya, opini publik saja tidak cukup untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah.


Apresiasi KAMI, PKS: Kita Siap untuk Bekerja Sama

"Perlu beberapa langkah maju untuk kemudian mereka bisa mempengaruhi kebijakan. Kalau untuk kemudian mempengaruhi opini publik, kemudian membuat tekanan-tekanan publik ke pemerintah, itu mungkin mereka bisa. Tapi akan sangat enak kalau mereka punya kekuatan di DPR," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan apabila kelompok tersebut ingin punya pengaruh dalam sisi kebijakan maka harus membuat partai politik. Pasalnya, menurut Hendri, saat ini sangat sulit mempengaruhi partai politik yang sudah ada.

Viral Foto Titiek Soeharto Didukung KAMI di Pilpres 2024, Berkarya: Belanda Masih Jauh

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati