logo


KPAI Sebut Mayoritas Sekolah Belum Siap Pembelajaran Tatap Muka

Ada 74 persen satuan pendidikan belum membentuk Tim Gugus Tugas Covid-19

20 Agustus 2020 05:00 WIB

suaramerdeka.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) mengawasi sejumlah sekolah di berbagai wilayah Indonesia terkait pembukaan sekolah tatap muka.

Pengawasan sekolah dilakukan mulai Juni hingga Agustus 2020 di 27 satuan pendidikan di DKI Jakarta, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, serta Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Mataram.

"Hasil pengawasan langsung ke 27 sekolah menunjukkan bahwa mayoritas satuan pendidikan, mulai jenjang SD sampai SMA/SMK belum siap melakukan proses pembelajaran tatap muka di era pandemi," kata komisioner KPAI bidang Pendidikan Retno Listyarti dalam keterangan tertulisnya pada Rabu (19/8).


Pasien Sembuh Bertambah 2.351, Lebih Banyak dari Penambahan Kasus Baru Covid-19

Retno mengatakan bahwa ada satu sekolah yang memenuhi syarat pemeriksaan terkait protokol kesehatan, yaitu SMKN 11 Bandung.

"Yang memenuhi seluruh daftar periksa hanya SMKN 11 Kota Bandung dari total 27 satuan pendidikan yang diawasi langsung oleh KPAI dan KPAD," katanya.

Menurutnya, ada 74 persen satuan pendidikan belum membentuk Tim Gugus Tugas Covid-19 dan 26 persen sekolah telah membuat Tim Gugus Tugas Covid-19.

"Bahkan ada sekolah yang tidak membangun wastafel karena menganggap cukup keran wudu yang jumlahnya memang mencapai lebih dari 20 keran, namun letaknya jauh dari kelas-kelas. Ini akan berpotensi penumpukan saat cuci tangan dan berpotensi anak-anak malas mencuci tangan karena jauh," katanya.

Pemerintah Terbitkan 4 Seri Prangko, Seri Penanggulangan Covid-19 Hingga Presiden dan Wapres

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata