logo


Kesal dengan Klaim Trump soal Covid-19 di Selandia Baru, Jacinda Ardern: Itu Jelas Sangat Salah

Jacinda Ardern mengatakan bahwa jumlah penambahan kasus Covid-19 harian di Selandia Baru tidak bisa dibandingkan dengan Amerika Serikat

18 Agustus 2020 21:00 WIB

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern kompasiana

WELLINGTON, JITUNEWS.COM - Usai lebih dari tiga bulan sukses menghentikan laju penyebaran Covid-19, sebuah klaster kasus Covid-19 kembali muncul di Auckland pada pekan lalu yang memaksa pemerintah Selandia Baru kembali memberlakukan kebijakan lockdown. Hal tersebut mendapat tanggapan dari Presiden AS Donald Trump.

"Anda melihat apa yang sedang terjadi di Selandia Baru...Mereka mengalahkan (virus) ini. Itu seperti halaman muka (berita), mereka mengalahkannya karena mereka ingin menunjukkan sesuatu kepada saya," kata Trump.

Pernyataan Trump tersebut sontak membuat Jacinda Ardern marah. Ia menegaskan bahwa jumlah peningkatan kasus di Selandia Baru jelas tidak mungkin bisa dibandingkan dengan Amerika Serikat.


Bantu Bersihkan Tumpahan Minyak, Jepang Kirim Tim Ahli Kedua ke Mauritius

"(Pernyataan) itu jelas sangat salah," kata Jacinda Ardern dikutip dari Sputnik News pada Selasa (18/8).

"Semua orang yang mengikuti akan dapat dengan mudah melihat bahwa sembilan kasus per hari di Selandia Baru tidak dapat dibandingkan dengan puluhan ribu kasus per hari di Amerika Serikat," tambahnya.

Selandia Baru sebelumnya merupakan salah satu negara tersukses di dunia dalam menghadapi pandemi Covid-19 setelah tiga bulan tanpa ada satu pun kasus Covid-19 yang dilaporkan. Namun, pada pekan lalu, sebuah klaster kasus Covid-19 muncul di Auckland dan membuat pemerintah kembali memberlakukan kebijakan lockdown.

Dengan tambahan 13 kasus baru yang terjadi pada Selasa (18/8), Selandia Baru kini memiliki 90 kasus Covid-19 aktif. Menurut laporan pemerintah, 20 pasien postif Covid-19 diantaranya merupakan pendatang dari luar negeri yang saat ini tengah menjalani karantina. Secara total, Selandia Baru telah melaporkan 1,643 kasus Covid-19 dengan 22 kematian.

Michelle Obama: Donald Trump adalah Presiden yang Salah untuk Negara Kita

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia