logo


Kecam Kesepakatan UEA-Israel, Warga Palestina Injak-injak dan Bakar Foto Netanyahu

Sejumlah warga Palestina yang berada di kawasan Tepi Barat dan Gaza menggelar aksi protes menolak adanya kesepakatan damai antara Uni Emirat Arab dengan Israel

17 Agustus 2020 15:45 WIB

Warga Palestina bakar foto PM Israel Benjamin Netanyahu
Warga Palestina bakar foto PM Israel Benjamin Netanyahu RT

JERUSALEM, JITUNEWS.COM - Warga Palestina mengecam keputusan Uni Emirat Arab yang melakukan normalisasi hubungan dengan Israel dengan melakukan aksi unjuk rasa di seluruh kawasan Tepi Barat dan Gaza. Mereka menyebut UEA telah berkhianat dan merusak solidaritas negara Arab.

Dengan membawa bendera Palestina, para pengunjuk rasa menginjak-injak poster bergambar wajah Pangeran UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, sebelum mereka membakarnya. Mereka juga membakar poster bergambar wajah Presiden AS Donald Trump dan Mohammed Dahlan, seorang politikus Palestina yang memihak UEA.

Sebelumnya, sejumlah negara di kawasan Timur Tengah juga telah mengecam langkah negosiasi damai UEA-Israel tersebut. Kesepakatan tersebut dinilai menindas hak rakyat Palestina.


Covid-19 Seret Perekonomian Jepang ke Titik Terendahnya sejak Empat Dekade Lalu

Pemerintah Turki bahkan mengancam akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Uni Emirat Arab dengan menarik mundur dubes mereka di Abu Dhabi.

"Kami dapat menarik mundur duta besar kami dari Abu Dhabi jika diperlukan, karena kami mendukung Pemerintah Palestina dan tidak akan menyerahkan hak-hak mereka begitu saja," kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Kecaman juga dilontarkan oleh Presiden Iran Hassan Rouhani. Ia menyebut kesepakatan itu sebagai sebuah kesalahan besar yang mengkhianati Palestina.

"Mereka telah melakukan sebuah kesalahan besar, sebuah tindakan pengkhianatan. Kami harap mereka akan menyadari hal ini dan meninggalkan kesepakatan itu," kata Rouhani.

Tak Akan Gelar Pemilu Ulang di Belarus, Lukashenko: Negara Ini Akan Mati

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia