logo


Sebut Rezim Jokowi Otoriter, Amien Rais: Demokrasi Kita Makin Tak Berdaya

Amien menuding Jokowi tengah menjalankan praktik politik otoriter.

17 Agustus 2020 05:30 WIB

Amien Rais.
Amien Rais. Youtube Amien Rais

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Mantan Ketua MPR Amien Rais kembali mengkritik kepemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kali ini, ia menyebut Jokowi tengah mempraktikkan politik otoriter.

"Sayang sekali, rezim otoriter rezim Jokowi bukan main lemahnya sehingga demokrasi kita sudah terengah-engah makin tak berdaya. Otoriterisme Jokowi makin kuat dan pekat," ujarnya seperti dikutip dari kanal Youtube Amien Rais Official, Senin (17/8).

Amien Rais menjelaskan praktik otoriterisme tak hanya terjadi di Indonesia, melainkan sejumlah negara lainnya.


Jokowi Disebut Otoriter, PPP: Kenapa Amien Rais Masih Bebas Bersuara, Berteriak, Mengkritik?

"Indonesia di zaman Jokowi tidak sendirian dalam membanting demokrasi sehingga berubah esensi. Beberapa negara di Asia, Amerika Latin, dan Afrika menunjukkan kemiripan," lanjutnya dalam video bertajuk ‘Otoriterisme Makin Pekat’ itu.

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu menunjukkan data dari The Economist Intelligence Unit mengenai Indeks Demokrasi 2018. Terdapat enam negara otoriter dari 167 negara yang disurvei.

Negara-negara tersebut antara lain Korea Utara, Suriah, Chad, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo dan Equatorial Guinea.

Menurut Amien, praktik otoriterisme yang dijalankan oleh Jokowi sama seperti negara-negara di atas. Mulanya negara itu menjalankan praktik demokrasi, namun berubah menjadi otoriter seiring berjalannya masa kepemimpinan.

"Di Indonesia otoriterisme jauh lebih parah. Pada kuartal pertama Jokowi jadi presiden, awalnya rakyat umumnyapercaya akan ada perubahan signifikan bagi kehidupan rakyat. Namun harapan itu cepat kandas," jelasnya.

KSAD Andika Ditunjuk Jadi Wakil Komite Covid-19, Stafsus Jokowi: Secara Hukum Tidak Menyalahi Aturan

Halaman: 
Penulis : Iskandar