logo


Klaim Obat Corona Sembuhkan 85 Persen Pasien Secapa AD, BIN: Ini Sudah Final

BIN sebut obat corona sudah dalam tahap uji klinis dan dibawah kendali BPOM

16 Agustus 2020 15:08 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Berbagai cara dilakukan untuk menangani wabah corona, termasuk pengembangan obat Covid-19. Saat ini pengembangan obat untuk Covid-19 tengah dilakukan oleh Universitas Airlangga bekerjasama dengan Badan Intelejen Negara (BIN), TNI AD, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sementara itu, Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto mengatakan telah menguji pengembangan obat corona kepada 1.308 pasien Covid-19 di Secapa AD, Jawa Barat. Ia pun mengklaim bahwa 85 persen pasien dinyatakan sembuh berkat obat tersebut.

"Sudah tes pasien Covid-19 di Secapa AD, dari 1.308, 85 persen sembuh berdsarkan hasil tes swab, sudah negatif," kata Wawan seperti dilansir CNNIndonnesia, Minggu (16/8/2020).


Doni: Ada Banyak Kejadian yang Mungkin Terjadi Menjelang Vaksin Diberikan ke Masyarakat

Ia pun mengatakan bahwa proses kesembuhan pasien berbeda-beda tergantung dari imunitas tubuh. Pasien yang diuji coba dengan obat tersebut rata-rata sembuh  dalam waktu 1-3 hari.

Lebih lanjut, Wawan mengklaim bahwa obat Covid-19 sudah final dan dibawah kendali BPOM. "Obat ini sudah final, sekarang sudah dalam tahap uji klinis dibawah kendali BPOM, dan alhamdulilah hasilnya bagus," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, uji klinis telah dilakukan pada 7 Juli hingga 4 Agustus. Uji klinis tersebut telah mendapat persetujuan uji klinik (PPUK) oleh BPOM dengan Nomor PP.01.01.1.3.07.20.06.

KSAD Andika Ditunjuk Jadi Wakil Komite Covid-19, Stafsus Jokowi: Secara Hukum Tidak Menyalahi Aturan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati