logo


Soal Gelombang Aksi Protes Belarus, Lukashenko: Saya Perlu Menghubungi Putin

Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengatakan bahwa dirinya perlu menghubungi Vladimir Putin mengenai gelombang aksi protes yang terjadi di Belarus

15 Agustus 2020 18:39 WIB

Presiden Belarus Alexander Lukashenko
Presiden Belarus Alexander Lukashenko Tass

MINSK, JITUNEWS.COM - Presiden Belarus Alexander Lukashenko pada Sabtu (15/8) mengatakan bahwa ia ingin berbincang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin guna memperingatkan bahwa aksi protes tidak hanya menjadi ancaman bagi Belarus saja.

"Saya perlu menghubungi Putin sehingga saya dapat berbicara dengannya segera, karena (aksi protes) ini tidak hanya menjadi ancaman bagi Belarus saja," kata Lukashenko, seperti yang diberitakan oleh Kantor media Belta, dikutip dari Reuters pada Sabtu (15/8).

"Mempertahankan Belarus hari ini adalah untuk mempertahankan seluruh wilayah kita, negara bagian, dan merupakan sebuah contoh bagi negara lainnya...Mereka yang turun ke jalan, sebagian besar tidak memahami hal ini," tambahnya.


AS Bisa Saja Hadapi Dua Wabah Sekaligus pada Musim Dingin Mendatang

Gelombang aksi protes terjadi di Belarus usai Lukashenko kembali memenangkan pemilu Belarus pada pekan lalu. Puluhan ribu demonstran turun ke jalan menuding Lukashenko telah berbuat curang dalam pemilihan umum tersebut.

Sementara itu, Lukashenko, yang memimpin Belarus lebih dari seperempat abad, membantah adanya kecurangan pada hasil pemilu lalu dan menuding para pendemo telah bersekongkol dengan pihak asing seperti Rusia dan negara lain yang ingin menjatuhkan rezimnya.

Korut Cabut Kebijakan Lockdown, Kim Jong-un Tolak Bantuan Internasional

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia