logo


Minta Jokowi Bersih-bersih Kabinet, Amien Rais: Separuh Menterinya Memang Tak Pantas

Amien mengatakan Jokowi perlu melakukan reshuffle kabinet jika ingin pembangunan dalam negeri menuju ke arah yang lebih baik.

15 Agustus 2020 06:15 WIB

Amien Rais.
Amien Rais. Youtube Amien Rais

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Eks Ketua MPR, Amien Rais menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengganti separuh menteri yang ada dalam Kabinet Indonesia Maju karena dinilai tak pantas.

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan jika Jokowi ingin pembangunan dalam negeri menuju ke arah yang lebih baik.

"Kalau mau terus, kira-kira separuh menterinya ini memang tidak pantas. Bersihkan istana dari elemen-elemen yang merusak kehidupan bangsa," ujar Amien di Jakarta, seperti dilansir dari Republika, Sabtu (15/8).


Jokowi Singgung Lompatan Saat Krisis, PKS: Jangankan Lari, Siuman dari Pingsan Saja Berat

Amien menilai banyak menteri yang tak punya kapasitas sesuai jabatan yang dipegang. Dia mencontohkan Nadiem Makarim yang saat ini menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

"Ahli pergojekan jadi ahli pendidikan, kemudian orang yang hidupnya bak surgawi tiba-tiba memikirkan rakyat," kata Amien.

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga mendesak Jokowi agar segera menemukan solusi terkait persoalan Indonesia saat ini.

Permasalahan itu, yakni ekonomi Indonesia pada kuartal II/2020 tercatat -5,32 persen. Selain itu, kepemimpinan Jokowi disebut menjadi oligarki dan otoriter sehingga gagal menjalankan demokrasi.

"Tantangan berat buat Pak Jokowi adalah keberanian mewarisi tradisi perjuangan Bung Karno, Bung Hatta, dan Bung Tomo. Tidak pernah terlintas dalam kehidupan mereka memperkaya diri," jelas Amien.

Tak Sejalan, Dua Pengurus PAN Solo Pilih Mundur Ketimbang Dukung Gibran

Halaman: 
Penulis : Iskandar