logo


Dengar Pidato Jokowi soal 'Tak Main-main Berantas Korupsi', ICW Tercengang

Kurnia menilai pemerintah merupakan salah satu pihak yang menciptakan situasi suram dalam hal pemberantasan korupsi.

15 Agustus 2020 04:15 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi Instagram

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Indonesia Corruption Watch (ICW) menyoroti pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada sidang MPR, DPD, dan DPR di Senayan, Jumat (14/8). Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebut 'pemerintah tidak pernah main-main dengan pemberantasan korupsi'.

Peneliti ICW Kurnia Ramadhana menilai Jokowi sejak awal menjabat sebagai presiden, tak pernah memihak sektor pemberantasan korupsi.

"ICW cukup tercengang dan kaget mendengar pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo di DPR yang mengatakan bahwa 'Pemerintah tidak pernah main-main dengan upaya pemberantasan korupsi'. Sebab, sejak awal pemerintahan Presiden Joko Widodo tidak pernah terbukti berpihak pada sektor pemberantasan korupsi," kata Kurnia kepada awak media.


Usai Diberi Penghargaan Jokowi, Pigai Menduga Fadli Zon dan Fahri Hamzah Akan Diberi Jabatan

Menurutnya, pemerintah merupakan salah satu pihak yang menciptakan situasi suram dalam hal pemberantasan korupsi. Hal itu didasari dari terpilihnya pimpinan KPK yang bermasalah, pemberian grasi kepada koruptor, kasus air keras atas penyidik senior Novel Baswedan yang tak jelas penuntasannya, hingga revisi UU KPK.

"Narasi janji yang sempat diucapkan oleh Presiden terkait dengan PerPPU KPK pun faktanya hanya omong kosong belaka," tegas Kurnia.

Jokowi Beri Penghargaan ke Fadli dan Fahri, Ruhut ke Publik: Sudah, Hentikan Nyinyir

Halaman: 
Penulis : Iskandar