logo


UEA Damai dengan Israel, Turki Ancam Tarik Mundur Dubesnya dari Abu Dhabi

Presiden Erdogan mengancam akan memutuskan hubungan diplomatik Ankara-Abu Dhabi usai Uni Emirat Arab me-normalisasi hubungan mereka dengan Israel

14 Agustus 2020 22:00 WIB

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Republika

ANKARA, JITUNEWS.COM - Keputusan Uni Emirat Arab untuk menormalisasi hubungan mereka dengan Israel mendapat kecaman dari Turki. Pemerintah Turki bahkan mengancam akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Uni Emirat Arab dengan menarik mundur dubes mereka di Abu Dhabi.

"Kami dapat menarik mundur duta besar kami dari Abu Dhabi jika diperlukan, karena kami mendukung Pemerintah Palestina dan tidak akan menyerahkan hak-hak mereka begitu saja," kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kepada wartawan, dilansir dari Sputnik News pada Jumat (14/8).

Pada Kamis (13/8), Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa Israel dan UEA sepakat untuk menggelar perjanjian damai dan mengadakan hubungan diplomatik. Kesepakatan tersebut terjadi usai Israel menghentikan untuk sementara waktu eksekusi rencana perluasan wilayah mereka ke sejumlah kawasan di Tepi Barat yang merupakan teritori milik Palestina.


Walikota Frankfurt Minta ByteDance Bangun Pusat Data di Kotanya

Uni Emirat Arab menjadi negara Arab ketiga setelah Mesir dan Yordania yang memutuskan untuk berdamai dengan Israel. Donald Trump berharap negara-negara di kawasan Timur Tengah lainnya juga akan sepakat untuk berdamai dengan Israel, begitu pula dengan negara muslim lainnya.

AS Akan Lakukan Apapun Agar Embargo Senjata Iran Diperpanjang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia