logo


Walikota Frankfurt Minta ByteDance Bangun Pusat Data di Kotanya

Walikota Frankfurt menyebut kotanya merupakan lokasi ideal bagi TikTok untuk membangun pusat data di Eropa

14 Agustus 2020 20:41 WIB

TikTok
TikTok istimewa

BERLIN, JITUNEWS.COM - Walikota Frankfurt, Peter Feldmann, dikabarkan telah mengajukan kepada BytdeDance untuk membangun kantor pusat TikTok di kota tersebut, saat perusahaan teknologi asal China itu tengah menghadapi tekanan dari pihak Amerika Serikat.

Ia mengatakan bahwa Frankfurt telah dikenal sebagai ibukota digital Eropa karena banyak pusat data yang berlokasi di kota tersebut. Selain itu, posisi kota Frankfurt yang terletak di jantung benua Eropa, tentunya menjadi sebuah lokasi yang ideal bagi banyak perusahaan teknologi internasional.

Kantor berita Frankfurter Rundschau melaporkan bahwa surat dari sang walikota tersebut dikirimkan menyusul rencana TikTok yang saat ini masih mencari lokasi yang tepat untuk membangun pusat data sekaligus markas pusatnya di benua Eropa.


UEA Damai dengan Israel, Turki: Pengkhianatan kepada Palestina

"Tentu saja kompetisinya ketat, namun Frankfurt memiliki kondisi awal yang bagus," kata Feldmann, dilansir dari Rusia Today pada Jumat (14/8).

Seorang juru bicara TikTok mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik surat tersebut dan akan segera mempertimbangkan penawaran tersebut.

ByteDance, perusahaan teknologi asal China, belakangan ini menyita perhatian dunia usai Presiden AS Donald Trump menandatangani perintah khusus pada pekan lalu yang akan melarang semua pihak AS untuk menjalin hubungan bisnis dengan ByteDance.

Trump menganggap TikTok berpotensi mengancam keamanan nasional AS karena dimanfaatkan oleh pemerintah China untuk mengakses informasi data pengguna aplikasi berbagi video tersebut di AS. Kedua pihak, baik pemerintah Beijing maupun TikTok membantah klaim tersebut. Bahkan, perusahaan tersebut mengancam akan menggugat pemerintahan Donald Trump.

Hong Kong Tak Akan Pernah Sukses Dibawah Pemerintah China, Trump: Go to Hell

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia