logo


Kecewa dengan Arsenal yang Tak Dukung Isu Muslim Uyghur, Ozil: Muslim Lives Matter

Mesut Ozil kecewa dengan respon Arsenal yang tidak mendukung isu Muslim Uyghur

14 Agustus 2020 17:30 WIB

Mesut Ozil
Mesut Ozil Metro.co.uk

LONDON, JITUNEWS.COM - Mesut Ozil mengaku kesal dengan klubnya, Arsenal, yang tidak memberikan dukungan terhadap isu persekusi Muslim Uyghur di China.

Melalui akun instagramnya, Ozil mengecam pemerintah China yang melakukan penindasan terhadap muslim minoritas Uyghur yang berada di Provinsi Xinjiang pada tahun 2019 lalu. Para pakar dan aktifis HAM mengatakan bahwa lebih dari satu juta kaum minoritas tersebut telah ditangkap dan dimasukkan ke dalam kamp-kamp konsentrasi oleh pemerintah China.

Arsenal memang tidak melayangkan kritikan kepada Ozil atas komentarnya tersebut, namun pada akun sosial media Weibo mereka, Arsenal menegaskan bahwa pihaknya tidak akan terlibat dalam isu politik.


Pemerintah Perancis Tetapkan Status Paris jadi Zona Merah Covid-19

Namun, munculnya gerakan Black Lives Matter usai kematian warga kulit hitam Amerika George Floyd membuat semua klub Liga Premier Inggris memberikan dukungan mereka, termasuk Arsenal.

"Tidak masalah apa agama atau warna kulit anda - Muslim, Kristen, Yahudi, orang kulit hitam atau putih atau apapun itu. Kita semua sama," kata Ozil kepada Athletic, dilansir dari AFP pada Jumat (14/8).

"Apa yang saya katakan bukanlah melawan orang-orang China, namun melawan semua pihak yang melakukan hal (penindasan) itu kepada Muslim Uyghur dan semua orang yang tdak membantu mereka, seperti negara muslim lainnya," tambahnya.

"Saya telah memberikan banyak hal untuk Arsenal, baik di dalam maupun di luar lapangan, sehingga reaksi mereka sangat mengecewakan. Mereka (Arsenal) mengatakan kalau tidak terlibat dalam isu politik namun ini bukan isu politik dan mereka justru terlibat pada isu lainnya. Di AS, kita melihat George Floyd tewas dan dunia mengatakan Black Lives Matter, dan itu adalah hal yang benar. Kita semua setara dan merupakan hal yang bagus bahwa orang-orang berjuang melawan ketidakadilan," lanjutnya.

"Namun saya berharap orang-orang juga melakukan hal yang sama untuk umat muslim karena Arsenal memiliki banyak pemain dan pendukung muslim, dan sangat penting bagi dunia untuk mengatakan bahwa Muslim Lives Matter," tegasnya.

Erdogan Beri Ancaman kepada Semua Pihak yang Serang Kapal Turki di Laut Tengah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia