logo


Presiden Jokowi: Pemerintah Telah Berjuang Sangat Luar Biasa Hadapi Pandemi Covid-19

Demikian disampaikan Presiden Jokowi saat berpidato pada Sidang Tahunan bersama MPR, DPR dan DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

14 Agustus 2020 11:47 WIB

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato kenegaraannya pada  pelaksanaan sidang tahunan MPR, Jumat (14/8/2020)
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato kenegaraannya pada pelaksanaan sidang tahunan MPR, Jumat (14/8/2020) HUMAS MPR

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah telah berjuang sangat luar biasa dalam upaya menghambat penyebaran Covid-19, mengobati yang sakit dan mencegah kematian.

Demikian disampaikan Presiden Jokowi saat berpidato pada Sidang Tahunan bersama MPR, DPR dan DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

“Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para dokter dan perawat, serta seluruh petugas di rumah sakit, di laboratorium, di klinik-klinik kesehatan, dan di rumah isolasi, kepada tokoh masyarakat, para relawan, awak media, aparat TNI dan Polri, serta para ASN di pusat dan di daerah,” katanya.


Pidato Sidang Tahunan, Ketua DPR Akan Dorong Pemerintah Tingkatkan Penanganan Covid-19

Menurutnya dengan adanya peristiwa pandemi ini, maka reformasi fundamental di sektor kesehatan harus kita percepat. Orientasi pada pencegahan penyakit dan pola hidup sehat harus diutamakan.

“Penguatan kapasitas SDM, pengembangan rumah sakit dan balai kesehatan, serta industri obat dan alat kesehatan harus diprioritaskan. Ketahanan dan kapasitas pelayanan kesehatan harus kita tingkatkan secara besar-besaran,” tuturnya.

Demikian pula dengan ketahanan pangan, dengan menjamin kelancaran rantai pasokan makanan dari hulu produksi sampai hilir distribusi, ke seluruh wilayah negeri.

Menurutnya efisiensi produksi pangan, peningkatan nilai tambah bagi petani, penguatan koperasi dan metode korporasi petani akan terus ditingkatkan oleh pemerintah.

Dalam hal ini, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa Food estate sedang dibangun oleh pemerintah untuk memperkuat cadangan pangan nasional, bukan hanya di hulu, tetapi juga bergerak di hilir produk pangan industri.

Pembangunan Food estate itu tidak lagi menggunakan cara-cara manual, tetapi menggunakan teknologi modern dan pemanfaatan kecanggihan digital. Bukan hanya untuk pasar domestik, tetapi juga untuk pasar internasional.

“Saat ini sedang dikembangkan food estate di Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Sumatera Utara, dan akan dilakukan di beberapa daerah lain. Program ini merupakan sinergi antara pemerintah, pelaku swasta, dan masyarakat sebagai pemilik lahan maupun sebagai tenaga kerja,” pungkasnya.

Presiden Jokowi: Pandemi Covid-19 Momentum Benahi Diri Secara Fundamental

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar