logo


China Tingkatkan Latihan Perang, Taiwan Tambah Anggaran Belanja Militer

Ketegangan antara China dan Taiwan semakin meningkat usai Menkes AS datang berkunjung di Taipei

13 Agustus 2020 16:45 WIB

Taiwan-China
Taiwan-China istimewa

TAIPEI, JITUNEWS.COM - Pemerintah Taiwan pada Kamis (13/8) sepakat untuk menambah anggaran belanja untuk sektor pertahanan mereka hingga USD 1,4 miliar untuk tahun 2021 mendatang, seiring dengan China yang mengumumkan detail informasi mengenai latihan perang mereka di Selat Taiwan.

Belakangan ini, China telah meningkatkan aktifitas militer mereka di dekat Taiwan. Pada Senin lalu, Taiwan mengatakan bahwa Angkatan Udara mereka berhasil mengusir sejumlah pesawat tempur milik tentara China yang memasuki wilayah perbatasan mereka, saat Menkes AS Alex Azar mengadakan pertemuan dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. China sendiri sebelumnya telah menolak kunjungan perwakilan AS tersebut.

Menurut data Reuters, pemerintahan Tsai Ing-wen mengajukan tambahan anggaran belanja militer sebesar NT$453.4 miliar untuk tahun 2021 mendatang, dimana jumlah tersebut NT$ 42,1 Miliar lebih besar daripada anggaran untuk tahun 2020 ini yang hanya NT$411,3 miliar.


Tumpahan Minyak Kapal Jepang Hancurkan Progres Restorasi Bawah Laut Mauritius

Beberapa jam usai pengumuman tersebut, Tentara Pembebasan Rakyat China Komando Timur mengatakan bahwa pasukan mereka pada beberapa hari ini telah menggelar latihan tempur di Selat Taiwan serta di sebelah utara dan selatan kepulauan tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kedatangan Alex Azar.

"Belakangan ini, sebuah negara besar terus membuat langkah negatif pada isu seputar Taiwan...dan sangat mengancam kedamaian dan stabilitas di Selat Taiwan", kata pernyataan tentara China, dikutip dari Reuters pada Kamis (13/8).

"Patroli dan latihan militer perlu dilakukan untuk merespon situasi keamanan di seluruh Selat Taiwan dan untuk mengamankan kedaulatan nasional," tambahnya.

Filipina Segera Uji Coba Vaksin Buatan Rusia Mulai Oktober Mendatang

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia