logo


Filipina Segera Uji Coba Vaksin Buatan Rusia Mulai Oktober Mendatang

Pemerintah Filipina dikabarkan akan segera menggelar uji coba vaksin buatan Rusia mulai Oktober 2020

13 Agustus 2020 15:54 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

MANILA, JITUNEWS.COM - Juru bicara pemerintah Filipina, Harry Roque mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan uji coba vaksin Covid-19 buatan Rusia mulai bulan Oktober mendatang.

Dilansir dari Sputnik News pada Kamis (13/8), Ia menambahkan fase ketiga uji coba tersebut akan segera dilakukan hingga bulan Maret 2021 mendatang, setelah para pakar kesehatan selesai melakukan kajian terhadap hasil uji coba vaksin tersebut di Rusia.

Menurut pernyataan resmi, Presiden Rodrigo Duterte kemungkinan akan mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 tersebut pada bulan Mei 2021.


Presiden Iran Siap Bantu Lebanon Restorasi Pelabuhan Beirut

Vaksin yang diregistrasikan dengan menggunakan nama Gam-COVID-Vac dan disebut dengan Sputnik V tersebut, saat ini telah menjalani tahap uji coba sebanyak dua kali. Para relawan yang telah diberikan suntikan vaksin tersebut dikabarkan berhasil mengembangkan sistem kekebalan terhadap virus Sars-Cov-2, yang menurut tim medis Rusia, kekebalan tersebut dapat bertahan hingga setidaknya dua tahun mendatang.

Menteri Investasi Rusia Kirill Dmitriev yang mengumumkan bahwa vaksin tersebut telah memasuki uji coba fase ketiga pada pekan ini, mengatakan bahwa vaksin tersebut juga akan digunakan di beberapa negara lain seperti Arab Saudi, Filipina dan Uni Emirat Arab.

Produksi pertama dari vaksin Covid-19 tersebut akan segera didistribusikan ke sejumlah rumah sakit pada pekan depan dan diharapkan akan segera diproduksi secara massal mulai 1 Januari 2021 mendatang. Menurut pemerintah Rusia, kapasitas produksi vaksin tersebut akan mencapai 500 juta dosis pada akhir tahun 2021.

Tumpahan Minyak Kapal Jepang Hancurkan Progres Restorasi Bawah Laut Mauritius

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia