logo


Bantah Veronica Koman Telah Kembali ke Indonesia, LPDP Sebut Saat Belum Lulus

Veronica Koman diminta mengembalikan dana beasiswa sebesar Rp 773 juta

13 Agustus 2020 10:27 WIB

Veronica Koman
Veronica Koman Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Veronica Koman Liau diminta mengembalikan dana beasiswa oleh pihak Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) sebesar Rp 773 juta. Pasalnya, ia tidak memenuhi kewajiban kembali ke Indonesia setelah lulus dari pendidikannya di luar negeri. Namun Veronica Koman mengaku sudah kembali ke Indonesia pada tahun 2018 saat mendampingi aktivis Papua.

Sementara itu, pihak LPDP membantah pernyataan Veronica Koman yang telah kembali ke Indonesia setelah lulus pendidikan. LPDP menyebut Veronica Koman kembali ke Indonesia saat statusnya masih mahasiswa.

"Kembalinya VKL ke Indonesia pada 2018 adalah saaat VKL belum lulus dari studinya sehingga kepulangan VKL ke Indonesia bukan dalam status yang bersangkutan sebagai alumni, namun sebagai awardee on going dan tidak dapat dianggap kembali ke Indonesia dalam konteks pemenuhan kewajiban alumni," demikian keterangan resmi LPDP, Rabu (13/8/2020).


Sempat Diminta Kembalikan Beasiswa LPDP, Veronica Koman Sebut Upaya Kriminalisasi

Pihak LPDP sebut Veronica Koman lulus pada tahun 2019, namun baru menyampaikan kelulusannya setelah dua bulan kemudian. "VKL lulus pada Juli 2019 dan baru melaporkan kelulusan pada apliksi sistem monitoring dan evaluasi LPDP pada tanggal 23 September 2019 namun belum disampaikan secara lengkap," lanjutnya.

Diketahui, saat ini Veronica berada di Sydney, Australia. Ia dituding melanggar perjanjian kontrak beasiswa karena tidak mengabdi ke Indonesia setalah lulus. LPDP pun kemudian memberi peringatan kepada Veronica Koman agar mengembalikan dana beasiswa sebesar Rp 773 juta.

 

Veronica Koman Diminta Kembalikan Dana Beasiswa, Pigai: Tindakan Itu Memalukan Wibawa Negara!

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati