logo


Kritik Tajam ke Jokowi, Amien Rais: Tidak Boleh Terjebak Mentalitas Koncoisme

Amien Ras sebut politik partisan dapat memperpecah belah bangsa

13 Agustus 2020 09:06 WIB

Amien Rais.
Amien Rais. Youtube Amien Rais

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mantan Ketua MPR, Amien Rais meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk menjadi seorang pemimpin yang bisa bekerja keras dan berpikir kritis sehingga tidak menjadi pemimpin partisan. Ia juga mengingatkan agar Jokowi tidak terjebak dalam mentalis 'koncoisme'.

"Politik partisan semacam ini tidak bisa tidak, cepat atau lambat membelah bangsa Indonesia. Tidak boleh seorang presiden terjebak dalam mentalitas 'koncoisme'," kata Amien Rais yang dikutip dari akun Instagram @amienraisofficial, Kamis (13/8/2020).

Amien menilai penyakit politik partisan tetap dipegang Jokowi untuk menghadapi kritikus yang menyerang pemerintah. Ia juga menilai pemerintahan Jokowi jauh dari semangat demokrasi.


Dinasti Politik di Indonesia Terkesan Dipaksakan, Pengamat: Gibran dan Bobby Tak Pernah Berdarah-darah di Politik

"Para buzzer dan jubir di acara diskusi televisi semakin menambah kecurigaan banyak kalangan terhadap politik Jokowi yang beresensi politik belah bambu, menginjak sebagian dan mengangkat sebagian yang lain," ujarnya.

Pendiri Partai PAN tersebut juga meminta untuk diskusi terbuka terkait demokrasi yang sejati. Pasalnya, diskusi terbuka dapat menjadi altenatif pertukaran gagasan bagi seluruh anak bangsa.

Ketum PAN Jadi Mentor Gibran, Begini Tanggapan Amien Rais

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati