logo


Menteri Keuangan Inggris Akui Negaranya Tengah Alami Krisis Ekonomi

Rishi Sunak, Menkeu Inggris mengakui bahwa Inggris saat ini tengah mengalami situasi krisis ekonomi akibat pandemi

12 Agustus 2020 21:00 WIB

Bendera Inggris
Bendera Inggris istimewa

LONDON, JITUNEWS.COM - Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak pada Rabu (12/8) mengatakan bahwa Inggris saat ini tengah mengalami krisis ekonomi, usai data yang dirilis oleh kantor statistik nasional Inggris (ONS) menunjukkan bahwa perekonomian Inggris secara resmi mengalami resesi sebagai dampak dari diberlakukannya kebijakan lockdown guna mencegah penyebaran wabah Covid-19.

"Kita sudah membahasnya beberapa bulan lalu. Saya katakan bahwa masa-masa sulit akan datang dan hari ini data tersebut menunjukkan bahwa masa sulit tersebut sedang terjadi di sini," kata Sunak kepada siaran televisi ITV dikutip dari Sputnik News pada Rabu (12/8).

Ia juga mengakui bahwa ratusan ribu warga Inggris telah kehilangan pekerjaan mereka dimana jumlah tersebut akan meningkat.


Trump Sebut John Bolton Sebagai Orang Terbodoh yang Pernah Ia Temui

ONS melaporkan bahwa PDB Inggris mengalami penurunan hingga 20.4 persen pada kuartal kedua tahun 2020 ini akibat dari krisis perekonomian yang disebabkan karena situasi pandemi Covid-19.

Sementara itu, pada kuartal pertama tahun ini, PDB Inggris tercatat turun hingga 2.2 persen. Sehingga penurunan beruntun tersebut membuat perekonomian Inggris mengalami situasi resesi untuk pertama kalinya sejak 2009 silam.

ONS juga mencatat sedikitnya 220 ribu karyawan telah kehilangan pekerjaan mereka sejak masa awal pandemi Covid-19.

Jika Joe Biden Menang Pilpres AS, Trump: Anda Harus Bisa Bahasa China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia