logo


Iran Tangkap Lima Warganya yang Jadi 'James Bond' untuk MI6 dan Mossad

Pemerintah Iran menangkap lima orang mata-mata yang bekerja untuk intelijen asing

12 Agustus 2020 19:00 WIB

Ilustrasi Spionase
Ilustrasi Spionase istimewa

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Lima warga Iran ditangkap oleh pemerintah setempat karena telah melakukan aksi spionase untuk Israel, Inggris dan Jerman.

Reuters melaporkan bahwa dua dari lima orang telah mengaku bersalah dan kini berada di dalam sel tahanan.

Dalam sebuah konferensi pers yang digelar secara daring pada Selasa (11/8), juru bicara pengadilan Iran Gholamhossein Esmaili menyebut kedua orang yang mengaku bersalah tersebut adalah Shahram Shirkhani dan Masoud Mosaheb.


Asal Usul Kasus Covid-19 Pertama Sejak 3 Bulan Lalu di Selandia Baru Terungkap

Shahram dinyatakan bersalah usai mengaku menjadi mata-mata Inggris dan berupaya untuk merekrut sejumlah pejabat Iran untuk bergabung bersama MI6, intelijen internasional milik pemerintah Inggris.

Menurut Esmaili, Shahram telah membocorkan sejumlah informasi rahasia Iran mengenai perbankan dan beberapa proyek Kementerian Pertahanan Iran.

Sedangkan Masoud, yang memiliki dua kewarganegaraan Austria-Iran, telah dijatuhi hukuman penjara sepuluh tahun karena telah membocorkan informasi program nuklir dan missil Iran kepada Mossad, Intelijen Israel dan Bundesnachrichtendienst, intelijen milik Jerman.

Kementerian Luar Negeri Austria mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat memfasilitasi pembebasan Masoud yang telah ditahan sejak 2019 lalu.

"Karena orang yang ditahan di Iran tersebut memiliki dua kewarganegaraan, Iran-Austria....Iran tidak mengijinkan ada akses kunjungan ke dalam penjara atau persidangan dan rekam medis," kata kementerian tersebut kepada Reuters, dikutip dari Sputnik News pada Rabu (12/8).

Esmaili tidak menjelaskan secara rinci terkait tiga tahanan lainnya, namun ia menyebut bahwa ketiganya bekerja di dalam pemerintahan Iran.

 

Trump Sebut Virus Covid-19 Telah Merusak Hubungan Baiknya dengan Presiden China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia