logo


Trump Sebut Virus Covid-19 Telah Merusak Hubungan Baiknya dengan Presiden China

Donald Trump mengatakan bahwa hubungan baiknya dengan Xi Jinping, Presiden China telah dirusak oleh virus Covid-19

12 Agustus 2020 18:30 WIB

Donald Trump dan Xi Jinping
Donald Trump dan Xi Jinping Kompas Internasional

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Presiden AS Donald Trump pada Selasa (11/8) mengatakan bahwa hubungan baik antara dirinya dengan Presiden China Xi Jinping telah dirusak oleh virus Corona COvid-19. Oleh karena itu, dalam beberapa waktu terakhir ini Trump tidak sekalipun berbincang dengan Xi Jinping.

"Saya sebelumnya memiliki hubungan yang sangat baik dengannya (Xi Jinping)," kata Trump dalam sebuah wawancara dengan Fox Sport Radio.

"Saya menyukainya, namun saya tidak merasakan hal itu sekarang," lanjutnya.


Menkes Rusia Sebut Vaksin Covid-19 Buatannya Siap Edar Dua Pekan Lagi

Trump mengatakan bahwa hubungan keduanya tidak berjalan dengan baik setelah situasi pandemi Covid-19 semakin parah dan jauh lebih buruk daripada konflik dagang AS-China.

"(Wabah) ini seribu kali lebih buruk dari perang dagang, dengan banyaknya kematian...(ekonomi) dunia juga harus 'shut-down'. Ini merupakan sebuah hal yang memalukan," tambah Trump.

Seperti diketahui, Trump berulang kali menyebut virus Sars-Cov-2 yang mengakibatkan infeksi Covid-19 sebagai 'Virus China' atau 'virus Wuhan' dimana hal tersebut menuai kritikan dan kecaman dari banyak pihak. Bahkan tidak sedikit yang menyebut Trump sebagai seorang yang rasis.

Isu Hong Kong, sengketa Laut China Selatan dan sejumlah isu lain membuat hubungan AS-China berada di titik terendah dalam beberapa dekade terakhir.

Asal Usul Kasus Covid-19 Pertama Sejak 3 Bulan Lalu di Selandia Baru Terungkap

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia