logo


Asal Usul Kasus Covid-19 Pertama Sejak 3 Bulan Lalu di Selandia Baru Terungkap

Kementerian Kesehatan Selandia Baru menduga kasus Covid-19 pertama dalam tiga bulan terakhir ini bersumber dari sebuah ruangan pendingin tempat penyimpanan barang di Auckland

12 Agustus 2020 17:30 WIB

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern kompasiana

WELLINGTON, JITUNEWS.COM - Selandia Baru saat ini sedang melakukan investigasi terkait kasus Covid-19 pertama mereka yang muncul setelah lebih dari tiga bulan lalu, yang memaksa mereka kini kembali memberlakukan aturan pembatasan sosial berskala besar.

Ditemukannya empat kasus dari sebuah keluarga di Auckland membuat PM Jacinda Ardern memutuskan untuk me-lockdown kota tersebut.

Munculnya kembali kasus Covid-19 setelah 102 hari tanpa satu pun kasus penularan lokal membuat pemerintah kesulitan dalam melakukan penyelidikan terkait asal muasal penularan tersebut.


WHO Segera Mengkaji Detail Uji Coba Vaksin Covid-19 Buatan Rusia

"Kami bekerja keras untuk menyatukan potongan teka-teki mengenai bagaimana keluarga ini tertular," kata Menteri Kesehatan Ashley Bloomfield, dikutip dari Reuters pada Rabu (12/8).

Mereka meyakini bahwa keluarga tersebut tertular virus Covid-19 yang berasal dari sebuah kargo luar negeri. Bloomfield mengatakan bahwa tim penyelidik tengah meneliti sebuah ruang pendingin di Auckland dimana satu dari anggota keluarga yang terinfeksi tersebut bekerja.

"Kami tahu bahwa virus dapat bertahan cukup lama dalam lingkungan yang dingin," kata Bloomfield.

Americold Realty Trust, selaku perusahaan operator ruangan pendingin, mengkonfirmasi bahwa pihaknya merupakan pemilik dari ruang pendingin tempat pasien Covid-19 tersebut bekerja. Richard Winnall, Direktur Manajer perusahaan tersebut mengatakan kepada kantor berita NZ Herald bahwa pihaknya meminta semua karyawan untuk menjalani karantina mandiri dari rumah.

Menkes Rusia Sebut Vaksin Covid-19 Buatannya Siap Edar Dua Pekan Lagi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia