logo


Ma'ruf Amin: Pemberian ASI, Stunting Dapat Dicegah

Ma'ruf mengatakan bahwa kebutuhan gizi pada anak terpenuhi maka pertumbuhan fisik dan kognitifnya menjadi optimal.

12 Agustus 2020 11:15 WIB

KH Ma\'ruf Amin
KH Ma'ruf Amin istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan bahwa pemberian air susu ibu (ASI) selama enam bulan adalah cara untuk memenuhi kebutuhan gizi anak.

"Pemberian ASI selama 6 bulan pertama adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan gizi anak dalam rangka melanjutkan pertumbuhan otak, hati, dan sistem imunnya. Setelah anak berusia lebih dari 6 bulan pun, ASI tetap harus diberikan hingga 2 tahun bersamaan dengan makanan pendamping ASI," kata Ma'ruf dalam peringatan pekan menyusui sedunia tahun 2020 yang disiarkan akun YouTube TP2AK, Rabu (12/8).

Ma'ruf mengatakan bahwa kebutuhan gizi pada anak terpenuhi maka pertumbuhan fisik dan kognitifnya menjadi optimal.


Ma'ruf Amin: MUI Bukan Musuh Pemerintah!

"Ketika gizi anak dapat dipenuhi, maka pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitifnya akan menjadi optimal. Pemberian ASI juga akan memperkuat hubungan emosional antara ibu dengan bayinya. Ketika pertumbuhannya optimal, maka kita akan mempunyai generasi yang sehat, cerdas dan produktif yang akan membawa Indonesia menjadi negara maju di masa yang akan datang," katanya.

Ma'ruf mengatakan bahwa pemberian ASI efektif mencegah stunting.

"Pemberian ASI juga menjadi salah satu intervensi prioritas yang terbukti efektif dalam pencegahan stunting. Saat ini Pemerintah sedang berupaya untuk menurunkan prevalensi stunting hingga 14% pada tahun 2024. Oleh karena itu, pemberian ASI kepada anak harus terus didorong agar prevalensi stunting dapat segera diturunkan," jelasnya.

"Sekali lagi saya ingin menyampaikan bahwa pemberian ASI bagi bayi dan anak usia di bawah dua tahun sangatlah penting bagi pemenuhan gizi anak. Dengan menyusui, kita berinvestasi untuk masa depan. Dengan pemberian ASI, stunting dapat dicegah dan kita akan mempunyai generasi yang sehat cerdas dan produktif di masa yang akan datang. Dengan pemberian ASI, dapat menjadikan bumi ini lebih sehat," imbuhnya.

Isu Prabowo Bakal Gantikan Maruf Amin, Begini Tanggapan Gerindra

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata